PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musim Utara, Kapolres Karimun Imbau Perhatikan Keselamatan Pelayaran
Oleh : Hadli
Selasa | 10-12-2019 | 13:16 WIB
ilustrasi-angin-utara1.jpg honda-batam
Ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polres Karimun beserta jajarannya mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai perubahan cuaca yang terjadi belakangan ini, saat melakukan aktivitas di laut dan darat.

Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur menyampaikan, saat ini cuaca telah memasuki musim utara, dihimbau kepada perusahaan pelayaran agar terus berkoordinasi dengan otoritas terkait sebelum melakukan pelayaran.

"Kami menghimbau kepada instansi terkait untuk selalu berkoordinasi, dan kepada pengelola kapal feri, jangan melanjutkan pelayaran bila ada larangan dari otoritas seperti Sahbandar. Sebelum berlayar juga wajib menyediakan live jacket kepada setiap penumpang," kata mantan Kapolres Bengkayang Polda Kalimantan Barat, Selasa (10/12/2019).

Cuaca buruk bisa saja terjadi sewaktu-waktu di tengah angin dan gelombang tinggi, kepada nelayan juga diharapkan tidak memaksakan diri melaut saat musim hujan ini.

"Nelayan diharapkan perhatikan cuaca sebelum melaut, utamakan keselamatan, lengkapi diri dan jangan memaksakan melaut saat cuaca buruk," imbaunya.

Yos menambahkan, masyarakat yang beraktivitas di jalan raya juga harus memperhatikan kesiapan kendaraannya. Misalnya mengganti ban yang telah gundul, kurangi kecepatan dan lengkapi kelengkapan kendaraan serta taat berlalu lintas.

"Masyarakat diharapkan juga berkoordinasi dengan pihak terkait terkait adanya kerusakan jalan seperti jalan yang berlubang agar dapat ditambal. Hal itu perlu dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan," himbau Yos Guntur.

Editor: Chandra