Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Isdianto Ingatkan Penumpang Perahu Tanjungpinang-Penyengat Gunakan Life Jacket
Oleh : Redaksi
Senin | 09-12-2019 | 18:40 WIB
tpi-penyengat.jpg Honda-Batam
Transportasi laut Tanjungpinang-Penyengat. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Plt Gubernur Kepri, H Isdianto mengimbau seluruh penumpang perahu dari Pelabuhan Kuning Tanjungpinang menuju Pulau Penyengat maupun sebaliknya menggunakan jaket keselamatan.

"Pihak pengelola jasa pelayaran Tanjungpinang-Pulau Penyengat juga harus mewajibkan penumpang menggunakan jaket pelampung," kata Isdianto di Tanjungpinang, Minggu (8/12/2019), seperti dilansir situs resmi Diskominfo Kepri.

Ia mengatakan upaya antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan perlu dilakukan mengingat dalam beberapa hari terakhir cuaca buruk. Angin kencang, arus bawah laut yang kuat, dan gelombang tinggi perlu diwaspadai oleh seluruh pengguna alat transportasi laut.

"Kami tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Jarak antara Pelabuhan Kuning dengan Pulau Penyengat relatif dekat. Warga hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke tujuan.

Meski demikian, Isdianto menegaskan keselamatan penumpang harus diutamakan. "Jangan lalai, yang berakibat fatal. Lebih baik gunakan jaket pelampung, dan siapkan pelampung," ucapnya.

Pada 21 Agustus 2016 salah satu perahu yang membawa penumpang dari Tanjungpinang menuju Pulau Penyengat tenggelam di perairan yang tidak jauh dari Pelabuhan Sri Bintan Pura. Akibat peristiwa itu, belasan penumpang peninggal dunia.

Sementara tekong perahu, dijatuhi hukuman penjara karena dianggap lalai. "Kami tidak ingin peristiwa itu terjadi lagi," ucap Isdianto.

Editor: Gokli