PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bhabinkatibmas Didorong Hidupkan Kembali Pos Kamling di Wilayah Tanjungpinang
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 09-12-2019 | 17:52 WIB
pos-kamling2.jpg honda-batam
Satbinmas Polres Tanjungpinang saat menyambangi Pos Kamling yang aktif. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kasat Binmas Polres Tanjungpinang, Iptu Subaidah, membuat gebrakan baru untuk menghidupkan kembali Pos Kamling (pos kemanan lingkungan) yang dinilai telah lama mati suri.

Ada tetapi seperti tak berpenghuni. Begitulah kondisi pos kamling dia lihat suatu ketika menggelar patroli di sejumlah tempat. Kondisi ini membuatnya tergugah untuk mengaktifkan kembali Pos Kamling di wilayah hukum Polres Tanjungpinang.

Perwira Polwan ini menyampaikan akan mengarahkan kepada seluruh Bhabinkamtibmas untuk menggandeng masyarakat, agar mau bekerjasama dalam menghidupkakn kembali seluruh Pos Kamling yang ada.

Namun hal itu, sambung Zubee, sapaan akrab Iptu Subaidah, dalam menghidupkan Pos Kamling bukan perkara yang mudah, seperti membalikkan telapak tangan. "Perlu adanya pendekatan dan kontrol sosial yang baik, serta berikan suatu trobosan yang baru, memicu agar masyarakat bergairah untuk menjaga lingkungannya," ucapnya.

Dengan kembali menghidupkan Pos Kamling, kata dia, tidak bisa hanya sekedar datang, sosialisi, kemudian mengarahkan agar masyarakat mau mengaktifkan kembali. "Butuh komitmen bersama," ujarnya.

"Beri ruang selebar mungkin untuk masyarakat, menyampaikan keluhan dan kendala dalam mengaktifkan Pos Kamling di wilayahnya masing-masing," imbuhnya.

Sejuah ini, Zubee mengaku dari enam Polsek yang ada di wilayah Hukum Polres Tanjungpinang, sudah ada Pos Kamling yang mulai aktif. "Setidaknya sekarang sudah ada yang aktif kembali, tetapi yang kami harap di setiap kampung itu Pos Kamling aktif semua," harap Zubee.

Ke dapan, Zubee berencana akan memberikan reward kepada Pos Kamling yang aktif, serta selalu siaga dalam menjaga Kamtibmas di wilayahnya masing-masing.

Editor: Gokli