PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Timnas U-22 Tantang Vietnam di Final Sepak Bola Sea Games 2019
Oleh : Redaksi
Minggu | 08-12-2019 | 09:32 WIB
timnas_myamar.jpg honda-batam
Pertnadingan semifinal antara Timnas U-22 melawan Myanmar dengan skor 4-2 (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas U-22 akan menghadapi Vietnam dalam laga final sepak bola Sea Games 2019, setelah Vietnam dalam partandingan semifinal kedua berhasil mengalahkan Kambojo 4-0. Partai final di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/12/2019) pukul 19.00 WIB.

Timmnas U-22 sendiri memastikan tempat di final setelah mengalahkan Myanmar lewat tambahan waktu 2 kali 15 menit dengan skor 4-2 pada laga yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Sabtu (7/12/2019).

Menghadapi Myanmar, pemain Indonesia tampil sangat percaya diri. Mereka bisa menguasai jalannya pertandingan dengan dominasi penguasaan bola. Di babak pertama, Indra Sjafri menurunkan Muhammad Rafli sebagai ujung tombak.

Sementara Osvaldo Haay dipasang di belakangnya. Egy Maulana Vikri dan Sadil Ramdhani bekerja sebagai penyerang sayap.

Sedangkan Evan Dimas dan Zulfiandi ditempatkan di lini tengah. Adapun pada lini belakang Indra mempercayakan Asnawi Mangkualam, Adi Bagas Nugroho, Andi Setyo Nugroho dan Firza Andika. Sementara penjaga gawang diisi Nadeo Arga Winata.

Sampai babak pertama selesai, kedudukan masih 0-0. Di babak kedua, Indra Sjafri mengubah strategi dengan menarik Rafli dan memasukkan Sani Rizki.

Sani ditempatkan di belakang Osvaldo yang didorong sebagai ujung tombak. Pergantian ini, cukup efektif. Indonesia pun mendapatkan dua gol dari Evan Dhimas dan Eggy Maulana Vikri pada menit ke-57 dan ke-71.

Akan tetapi, Myanmar tak langsung menyerah. Mereka bahkan merespons dengan mencetak dua gol lewat aksi Mann Aung Kaung (79) dan Win Naing Tun (80). Untungnya dua gol balasan cepat Myanmar tak membuat jatuh mental pemain Indonesia. Evan Dhimas dkk tetap menekan meski sampai babak kedua berakhir hasilnya tetap 2-2.

Dalam masa tambahan waktu, pemain Indonesia tampil terus menekan. Hasilnya, Osvaldo Haay mencetak gol pada menit ke-101. Sementara Evan Dhimas melengkapi kemenangan Indonesia menjadi 4-2 pada menit ke-117.

Pelatih Indra Sjafri pun langsung memuji semangat juang para pemain.

"Mereka membuktikan punya mental juara. Meski kebobolan dua gol dalam waktu singkat, mereka tetap merespons dengan cara positif. Kekuatan mental menjadi kunci untuk mencetak dua gol tambahan lainnya," kata Indra.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, juga mengapresiasi penampilan para pemainnya. Namun, dia mengingatkan agar tim segera melakukan evaluasi untuk mempersiapkan laga final.

"Mudah-mudahan kita bisa mewujudkan medali emas. Tentu kita berharap dukungan dan doa masyarakat Indonesia," kata Iwan.

Sementara dalam pertandingan antara Vietnam dan Kamboja, Vietnam sudah unggul 3-0 saat turun minum melalui hattrick Ha Duc Chinh. Tim asuhan Park Hang-seo itu menambah satu gol lagi di babak kedua lewat Duc Chinh.

Berdasarkan catatan sejarah, ini adalah kali keenam Vietnam mencapai partai final SEA Games. Namun, Vietnam belum pernah sekali pun meraih juara dalam pesta olahraga se-ASEAN tersebut.

Vietnam sebelumnya kalah empat kali di partai final dari Thailand dan sekali dari Malaysia.

Berbeda dengan Vietnam, Indonesia sudah dua kali meraih medali emas, masing-masing yakni pada 1987 dan 1991.

Namun, dalam babak penyisihan grup B, Timnas U-22 kalah 1-2 dari Vietnam. Meski begiitu, Timnas U-22 telah memilih peluang besar memenangi partai final sepak bola Sea Games 2019.

Namun sebelum itu, akan berlangsung terlebih dahulu laga perebutan medali perunggu antara Myanmar vs Kamboja.

Perjuangan Indonesia untuk merebut medali emas SEA Games 2019 di Manila, Filipina tinggal selangkah lagi.

Editor: Surya