PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

180 Orang Tahanan Baru di Rutan Batam Dapat Pembekalan
Oleh : Hendra Mahyudi
Sabtu | 07-12-2019 | 11:04 WIB
pembekalan-rutan-batam1.jpg honda-batam
Pembekalan tahanan baru Rutan Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Batam kumpulkan 180 orang tahanan baru titipan dari Polda, Polres, dan Polsek se-Kota Batam.

"180 orang ini merupakan tahanan baru dari kamar karantina atau mapenaling yang dikumpulkan untuk pembekalan menyambut Natal dan Tahun Baru," ujar Kepala Pengaman Rutan Barelang Heri Aguswanto Jumat (6/12/2019) sore kemarin.

Kata Heri, pembekalan ini diperlukan karena 180 orang tahanan tersebut baru pertama kali bertemu keluarganya sejak dipindahkan (dititipkan) ke Rutan Kelas IIA Batam.

Hal lainnya juga untuk perkanalan pertama para tahanan dengan Kepala Keamanan Rutan Batam. Terus pertemuan ini juga membahas perihal keamanan dan keterbitan, karena para tahanan 180 orang tahana ini merupakan titipan Polda, Polres dan Polsek se-Batam.

"Kita mengajak mereka untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Nanti misalnya kalau ada permasalahan di dalam rutan, misalnya hal-hal bersifat emosional antar sesama tahanan maka mereka bisa menceritakan kepada kita, agar tidak terjadi kisruh di dalam lingkup Rutan," jelasnya.

180 orang tahanan baru ini dikatakan akan ditempatkan dalam 1 kamar karantina yang diisi oleh 20 orang. Sementara kamar tersebut idealnya disebutkan Heri diisi oleh 30 orang, jadi tidak akan ada persoalan kamar itu terasa sesak karena masih memiliki kapasitas yang mumpuni.

Sementara itu untuk menyambut kedatangan pihak keluarga saat Natal dan Tahun Baru, Heri menyebutkan Rutan akan menyediakan ruangan khusus untuk melepas kangen dengan keluarga di lapangan serbaguna Rutan.

"Tanggal 1 dan 2 Januari 2020 kunjungan keluarga akan kita buka dalam menyambut Natal dan Tahun Baru, karena itu pada hari ini kita berikan mereka arahan tatacara pertemuan itu nantinya," tandas Heri.

Editor: Yudha