Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sejumlah Negara ASEAN Memesan Senjata Buatan Malaysia
Oleh : Redaksi/Mg
Selasa | 17-04-2012 | 15:44 WIB
Najib_Razak.jpg Honda-Batam

PM Malaysia Najib Razak mencoba senjata buatan National Aerospace & Defence Indutries (NADI). Foto:Bharian.com.my

KUALA LUMPUR, batamtoday - Pameran pertahanan Asia Ke-13 (DSA-2012) yang digelar di Kuala Lumpur, membawa berkah tersendiri bagi Malaysia. Sejumlah negara ASEAN menyatakan tertarik dengan senjata buatan perusahaan Malaysia, National Aerospace & Defence Indutries (NADI).

Penanggungjawab NADI, Jenderal (B) Tan sri Mohd Shahrom Nordin mengatakan, jenis senjata yang paling diminati dalam pameran tersebut yakni Rifle Colt M4 Carbine. Senjata itu sendiri dikembangkan NADI dengan memadukan tehnologi yang dimiliki produsen Amerika Serikat.

"Sudah ada perwakilan militer dari negara-negara ASEAN yang menyatakan tertarik, kemungkinan akan membuat kerjasama pembelian senjata dan peluru nantinya," katanya, dikutip batamtoday dari lama Bharian, Selasa(17/4/2012).

Rifle Colt M4 Carbine saat ini sudah banyak digunakan angkatan darat di negara maju seperti Amerika Serikat dan Prancis. Senjata ini dianggap memiliki kemampuan di atas Stayr AUG A1 buatan Austria. 

Bentuk fisik M4 Carbine juga lebih fleksibel, ringan serta tahan dalam pertempuran berat. 

"Colt M4 Carbine sudah diuji pada perang di Afganistan, dan terbukti tehnologi ini cukup bagus. Saat ini NADI sendiri sudah menyuplai sebanyak 35 ribu pucuk untuk tentara Malaysia," tutur Mohd Shahrom.