PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Paus Bungkuk Sepanjang 10 Meter Ditemukan Mati di Pantai Balikpapan
Oleh : Redaksi
Senin | 02-12-2019 | 12:40 WIB
paus.jpg honda-batam
Ikan paus mati terdampar. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Balikpapan - Bangkai Paus Bungkuk (Megaptera Novaeangliae), ditemukan mati terdampar di bibir pantai Balikpapan, Kalimantan Timur. Dini hari tadi, bangkai yang sudah memunculkan aroma tidak sedap itu dimusnahkan dengan cara dibakar.

Satwa mamalia perairan itu, ditemukan sekira pukul 15.00 Wita, Minggu (1/12) sore, di belakang markas AURI. Sebelumnya, mencuat aroma tidak sedap dari kawasan pantai.

Warga sekitar yang penasaran, mencari sumber aroma tak sedap itu, hingga menemukan paus mati. Begitu diukur, paus jenis paus Bungkuk itu punya panjang 10 meter, dan berdiameter perut sekitar 5 meter.

"Benar. Kami terima informasi malam tadi, tim kami ke lokasi penemuan paus itu," kata Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno, dikonfirmasi merdeka.com, Senin (2/12).

Tim di lokasi, mulai dari Pusdalops BPBD Balikpapan, petugas Damkar, TNI AU, Polres Balikpapan, serta Dinas Perikanan Balikpapan, kemudian berembug, untuk melakukan penanganan bangkai.

"Ada beberapa opsi malam, untuk menangani bangkai paus. Ada dengan dipendam (dikubur), ditenggelamkan di laut, atau dibakar. Akhirnya, diputuskan dengan dibakar," ujar Suseno.

Tim akhirnya, lanjut Suseno, memutuskan, untuk menanganinya dengan cara membakar paus, yang diperkirakan masih berusia anak-anak itu. "Memang sudah beraroma menyengat, tidak sedap," demikian Suseno.

Bicara mengenai sebab kematian paus, yang diperkirakan usia 10 tahun itu, belum bisa dipastikan. Bisa disebabkan serangan dari predator lain, seperti ikan hiu di perairan.

Sumber: Merdeka.com
Editor: Chandra