PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Senin Depan, BP Batam Bongkar Gudang Milik PT Persero
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 23-11-2019 | 18:52 WIB
rudi-bongkar.jpg honda-batam
Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi menyampaikan pihaknya akan melakukan pembongkaran gudang penyimpanan milik PT Persero yang ada di kawasan Pelabuhan bongkar muat Batuampar, Senin mendatang.

Hal ini diutarakannya sesuai dengan permintaan Pemerintah Pusat, kepada Kepala BP Batam sebelumnya dan juga masuk ke dalam rencana revitalisasi pelabuhan. "Senin akan dibongkar agar bersih semua. Ini kita lakukan agar dapat dimanfaatkan untuk lokasi untuk meletakkan kontainer yang masuk dan tidak terhalang dengan keberadaan gudang," ujarnya, Sabtu (23/11/2019).

Untuk pembongkaran ini, pihaknya telah meminta izin kepada Menteri Keuangan guna melakukan penunjukkan kepada perusahaan milik negara yang bertanggungjawab dalam proses pembongkaran.

Selain itu, penunjukkan ini dimaksudkan agar perusahaan tersebut juga berperan sebagai operator dalam revitalisasi pelabuhan hingga berstandart Internasional. Adapun
penunjukan yang dimaksud bersifat konsursium dan merupakan gabungan PT Persero, Pelindo I dan Pelindo II. Ketiga perusahaan negara tersebut dinilai cukup bisa merenovasi, sebab akan memakan biaya yang cukup besar.

"Jadi tidak bisa hanya satu, maka akan kita gabung semua konsursium. Sebab dalam waktu satu tahun ini sudah ada perubahan. Sehingga perdagangan menjadi hidup," tuturnya

Lalu di darat, investasi bisa hidup. Karena mengurus lahannya sudah mudah. Persoalan investasi pihaknya akan menanangi langsung.

"Maka saya akan umumkan kepada seluruh pihak yang ingin berinvestasi bahwa investor yang datang langsung berurusan ke BP Batam, jadi tinggal operasionalnya saja." pungkasnya.

Editor: Gokli