PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terbawa Arus Laut, Tumpukan Sampah Plastik Cemari Laut Tanjungriau
Oleh : Hendra Mahyudi
Jum\'at | 22-11-2019 | 10:40 WIB
sampah-tanjungriau11.jpg honda-batam

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelantar Pelabuhan Tanjungriau, Kecamatan Sekupang, tercemar sampah plastik. Dari informasi yang didapat di lapangan, sampah plastik diduga kuat dibuang di laut dan terbawa arus saat pasang.

Salah seorang warga sekitar, Adi, memastikan bahwa sampah plastik tersebut bukan sengaja dibuang di sana, namun merupakan sampah kiriman yang terbawa arus laut pasang.

"Begitulah bang, saat laut pasang banyak sampah yang terbawa arus dan tertinggal di pesisir," terang Adi, Kamis (21/11/2019).

Agus Sofian, Lurah Tanjungriau, mengatakan, persoalan sampah di kawasan tersebut sudah sering mereka bersihkan. Sebulan sekali warga bergotong-royong membersihkan sampah plastik yang terbawa arus laut.

"Sampah itu tidak akan ada habisnya. Sekarang dibersihkan, besoknya sudah datang disebabkan pasang-surut air," ujarnya, Kamis (21/11/2019).

Kenyataan yang tampak di Tanjungriau ini menunjukkan bahwa kesadaran akan lingkungan dalam menjaga kelestarian laut masih sangat kurang. Sampah-sampah banyak berserakan, yang secara tidak langsung merusak ekosistem laut.

Editor: Yudha