PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Pesan Presiden Jokowi di Hari Pahlawan
Oleh : Redaksi
Minggu | 10-11-2019 | 12:32 WIB
jokowi_pahlawan.jpg honda-batam
Presiden Joko Widodo memimpin peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata (Foto: Biro Pers Istana)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, bahwa Indonesia saat ini membutuhkan pahlawan atau pejuang dalam pemberantasan kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan kesenjangan dan sejenisnya. Hal itu diutarakan Jokowi usai memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan, di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11/2019).

"Menjadi kewajiban kita bersama sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan," kata Jokowi.

Ia menyebutkan, perjuangan yang harus dilanjutkan terutama perjuangan dalam memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan dan lainnya. Menurut Jokowi, bangsa besar adalah bangsa yang mau menghargai menghormati jasa jasa para pahlwan.

"Kita ingat bahwa para pahlawan telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara kita, dan menjadi kewajiban kita bersama sebagai pemerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan," kataJokowi.

Tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 adalah “Aku Pahlawan Masa Kini”. Dengan tema itu diharapkan setiap insan masyarakat Indonesia memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Usai menjadi inspektur, Jokowi meninggalkan lokasi upacara menuju makam pahlawan. Jokowi menuruni anak tangga bersama Ma'ruf.

Setiba di salah satu makam, Jokowi langsung mendoakan arwah pahlawan, lalu menaburkan bunga ke atas sejumlah makam. Jokowi membungkukan badannya menaburkan bunga.

Usai Jokowi menaburkan bunga, Ma'ruf Amin selanjutnya ikut menaburkan bunga di makam yang sama. Ma'ruf mengambil sejumput bunga lalu menaburkannya di atas makam.

Saat tabur bunga Jokowi dan Ma'ruf di temani Menko Polhukam Mahfud Md, Mensos Jualiari P Batubara, Mensesneg Pratikno dan Menag Fachrul Razi.

Juga terlihat Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, dan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna juga tampak hadir di lokasi upacara.

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, dan Kepala BNPB Doni Monardo. Pejabat lainnya juga turut hadir.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tidak terlihat hadir, karena mengikuti upacara peringatan hari pahlawan di Yogyakarta. Selain itu, Prabowo juga akan meresmikan Patung Jenderal Soedirman Yogyakarta.

Editor: Surya