PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kesadaran Berlalulintas di Anambas Masih Sangat Minim
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 05-11-2019 | 18:52 WIB
helm-tak-ada.jpg honda-batam
Polisi saat menegur pengendara motor di Anambas akibat tak pakai helm. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Anambas menegur sebanyak 376 pengendara selama 14 hari melaksanakan Operasi Zebra Seligi 2019. Pelanggar pun lebih didominasi tidak menggunakan helm saat berkendara.

Kasatlantas Polres Anambas, Iptu Boston Butar-butar menyayangkan hal tersebut. Pasalnya, kesadaran untuk tertib berlalu lintas masih minim.

"Tujuan kita melakukan operasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan tertib berlalu lintas, kemudian untuk mengurangi angka fatalitas korban kecelakaan di jalan umum. Namun kesadaran itu masih minim," kata Iptu Boston Butar-butar, Selasa (5/11/2019).

Boston menyinggung, selama operasi pihaknya selalu menekankan pengendara agar patuh terhadap aturan lalu lintas yang tersirat dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan umum.

"Tertib berlalulintas dianjurkan oleh Undang-undang nomor 22 tahun 2009, ini selalu kita sosialisasikan kepada pengendara yang tidak patuh. Tetapi hasilnya juga masih minim," terangnya.

Boston mengakui, tilang bisa dijadikan salah satu terobosan agar pengendara semakin tertib. Menurutnya, langkah sosialisasi telah rutin dilaksanakan namun kurang terealisasi di tengah masyarakat.

"Mungkin tindakan tilang bisa dijadikan sebuah terobosan agar pengendara lebih tertib. Namun sayang, sejauh ini tilang belum bisa dilakukan karena pengadilan belum ada di Anambas. Sehingga kita hanya membuat teguran tertulis saja kepada pelanggar," jelasnya.

Boston menguraikan, selain pelanggar tidak menggunakan helm, pelanggar tidak membawa kelengkapan surat dan berkendara di bawah umur masih ramai juga didapati.

"Mungkin karena tidak ada sanski tegas, sehingga masyarakat masih banyak melanggar aturan lalulintas. Padahal pelanggaran itu justru merugikan masyarakat sendiri," tambahnya.

Meski demikian, Kasatlantas Polres Anambas itu tetap mengimbau masyarakat agar mengutamakan keselamatan selama berkendara. "Dalam berkendara, keselamatan harus tetap diutamakan, dengan menggunakan helm saat berkendara," serunya.

Editor: Gokli