Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penduduk Malaysia Trauma Tsunami Kedua
Oleh : Redaksi/Mg
Kamis | 12-04-2012 | 11:24 WIB
Korban_Bencana_Malaysia.jpg Honda-Batam

Paramedis saat mengevakuasi salah satu korban cedera saat ribuan warga lain berhamburan menyelamatkan diri. Foto:Berita Harian

KUALA MUDA, batamtoday - Lebih dari 2000 penduduk dari lima kampung di pesisir pantai Kota Kuala Muda, Malaysia, berhamburan meninggalkan rumah menyusul getaran gempa bumi yang mereka rasakan. Umumnya penduduk khawatir akan ancaman tsunami kedua sebagaimana terjadi pada 2004 lalu.

Diberitakan media setempat, Kamis(12/4/2012), sebagian besar penduduk hingga tadi pagi masih bertahan di Gedung Serbaguna Tuanku Intan Safinaz di jalan Parmatang. 

"Mereka meninggalkan rumah masing-masing setelah mendapat arahan pihak pemerintah," tulis Berita Harian dikutip Batamtoday. 

Kekawatiran serupa juga terjadi di daerah Alor Setar. Getaran yang dirasakan membuat kepanikan di sejumlah tempat umum, rumah sakit, supermarket, pasar, hotel dll.

"Di Hospital Sultanah Bahiyah (HSB) 500 pasien, keluarga pembesuk, perawat dan  tenaga medis berhamburan," dilaporkan Berita Harian.

Sementara di kawasan wisata Langkawi, ribuan  wisman yang menginap di hotel juga berhamburan keluar. Umumnya mereka khawatir mengingat getaran yang dirasakan juga cukup kuat. Daerah Langkawi sendiri pernah terimbas bencana Tsunami pada 2004 lalu saat bencana yang sama melanda Aceh.