Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Berharap Kemudahan Investasi Segera Dipercepat
Oleh : Nando
Kamis | 24-10-2019 | 16:04 WIB
rudi_batam_bp_wali.jpg Honda-Batam
Kepala BP Batam M Rudi

BATAMTODAY.COM, Batam - Paska dilantiknya Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo. Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mengharapkan membawa dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Batam.

Hal ini disampaikannya, setelah mengetahui jabatan Menko Perekonomian RI yang dipegang oleh Airlangga Hartanto. Ia menuturkan bahwa saat ini masih ada beberapa kendala yang menghambat perizinan investasi.

"Hambatan perizinan investasi harus diselesaikan. Makanya dari bawah kita buat daftar inventarisir masalah," ujarnya, Kamis (24/10/2019).

Salah satu precepatan perizinan, ialah mengenai adanya penyelesaian di tingkat pusat yang cukup memakan waktu bagi para calon investor. Untuk itu ia meminta agar permasalahan tersebut, dapat ditindaklanjuti dengan pengambilan keputusan di tingkat daerah.

Salah satu contoh adalah izin Barang Larangan/Pemberantasan (Lartas) yang banyak dikeluhkan pengusaha sebelumnya. Rudi menilai, perlu dicarikan solusinya dan sebisa mungkin diselesaikan di daerah.

"Kalau tak perlu sampai ke atas, kita di bawah yang menyelesaikan. Saya kira permasalahan perizinan ini di bawah saja, bukan di atas," lanjutnya.

Selain itu, Rudi juga mengatakan, prinsipnya BP Batam akan menjalankan kebijakan apapun yang sudah diputuskan pusat. Hal ini dikarenakan Airlangga kerap beberapa kali melakukan kunjungan kerja ke Batam, dan telah mengetahui permasalahan Batam dari sektor pengusaha.

Editor: Surya