Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hujan dan Petir Masih Berpotensi Terjadi di Batam
Oleh : Ali/Dodo
Rabu | 11-04-2012 | 13:14 WIB
agus-lacuda.gif Honda-Batam

PKP Developer

Agus Lacuda, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim.

BATAM, batamtoday - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim menghimbau para pengguna transportasi, khususnya laut, untuk berhati-hati mengingat kondisi cuaca yang masih berpotensi menghasilkan hujan disertai petir, Rabu (11/4/2012). 

"Cuaca dari pantauan kami diperkirakan masih tetap berawan dan berpeluang terjadi hujan yang disertai petir di beberapa daerah di Kepri," kata Agus Lacuda, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim kepada batamtoday

Agus mengatakan kondisi cuaca tersebut terjadi berdasarkan pantauan satelit terdapat adanya daerah Konvergensi (pertemuan atau pumpunan angin) yang memanjang dari Sumatera bagian tengah hingga Kalimantan serta kondisi udara atas yang labil dengan kelembaban cukup tinggi mendukung proses pertumbuhan awan.  

Untuk kondisi cuaca Batam siang ini, Agus memperkirakan berawan hingga hujan. Arah angin menuju ke timur dengan kecepatan 5 hingga 23 kilometer per jam. 

"Ketinggian gelombang di perairan sekitar Batam diperkirakan mencapai 0,6 hingga 1,6 meter," kata dia. 

Sementara untuk cuaca Batam di malam hari diperkirakan akan berawan, namun tidak menutup kemungkinan terjadinya perubahan cuaca secara tiba-tiba dan berpotensi menimbulkan hujan.