Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPRD Diminta Turut Sukseskan Pilkada Tahun 2020
Oleh : Irawan
Kamis | 17-10-2019 | 15:40 WIB
hadi_praboowo.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo

BATAMTODAY.COM, Jakarta - DPRD Provinsi di Seluruh Indonesia, terutama daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada, diminta untuk turut menyukseskan Pilkada Tahun 2020.

Hal itu diungkapkan Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo pada penutupan pengenalan tugas DPRD di Kantor BPSDM, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).

"Kami juga inginkan nanti di daerah Tahun 2020 sebagaimana kami pesankan, akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah, ada di 270 daerah dari mulai pemilihan gubernur, bupati dan walikota, tentunya ini harus diselenggarakan dengan baik," kata Hadi.

DPRD juga diminta untuk mengawal dan mengikuti setiap proses penyelenggaraan Pilkada dari berbagai aspek, dari Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), penetapan distribusi logistik, hingga mendorong partisipasi masyarakat.

"Semua harus berjalan dengan baik, dari aspek penyelenggaraan dari awal NPHD, angggaran untuk KPU, Bawaslu, pengamanan, tentunya bapak/ibu mengawasi penetapan distribusi logistik, serta upaya untuk mendorong partisipasi masyarakat agar menggunakan hak pilihnya," ujarnya.

Diterangkan Hadi, pada Pilkada Tahun 2018, tingkat partisipasi masyarakat mencapai 73%, sementara itu, tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu Serentak 2019 mencapai 81% persen lebih. Dengan capaian itu, diharapkan pada Pilkada 2020 tingkat partisipasi masyarakat kian meningkat.

"Kita harapkan 270 daerah di Pilkada ini mampu ada peningkatan seiring dengan peningkatan partisipasi masyarakat pada Pemilu secara serentak pada tahun 2019," kata Hadi.

Pelaksanaan Pilkada tahun 2020 akan diikuti oleh 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Sembilan provinsi yang akan melaksanakan pemilihan gubernur meliputi Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah.

Editor: Surya