Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Parah, Ternyata CCTv Jembatan I Barelang Sudah 7 Bulan Tak Berfungsi
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 16-10-2019 | 10:04 WIB
jembatan-barelang2.jpg Honda-Batam
Jembatan Barelang. (Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kamera CCTv yang selama ini terpasang di Jembatan I (Raja Ali Haji Fisabilillah) Barelang disebut rusak. Padahal, keberadaan CCTv ini sangat penting dalam menangkap ragam kejadian di sekitar lokasi wisata tersebut.

Informasi dari salah seorang sumber di lapangan menyebutkan, CCTv di jembatan ini setidaknya telah 7 bulan lebih tidak berfungsi. Pria yang berseragam biru dari dinas pengamanan salah satu instansi di Kota Batam itu mengabarkan beberapa kejadian di sekitar area tidak bisa dipantau dalam banyak sudut.

"Iya CCTv sudah tidak berfungsi sejak 7 bulan ini," ujar pria tersebut singkat dan tidak ingin disebutkan namanya.

Dia juga mengungkap, kamera tersebut rusak karena tersambar petir dan hingga sekarang instansi terkait masih belum memperbaikinya. "Kameranya terkena sambar petir, makanya rusak," terangnya.

Hal ini tentu menjadi kesulitan tersendiri ketika terjadi hal-hal yang tak diinginkan atau kejadian tertentu yang kapan saja bisa lepas dari pengamatan manusia.

Sumber juga mengatakan pihaknya juga sudah pernah mengajukan perbaikan ke kantor BP Batam perihal CCTv, namun sampai saat ini belum ada jawaban.

"Kita tidak tahulah ini, perbaikan pernah diajukan. Tapi kan kita hanya bawahan yang bertugas di lapangan, orang kantorlah yang tahu," ungkapnya.

Ia tambahkan, sejauh ini kejadian terakhir yang terekam CCTv hanyalah anak sekolah yang sedang perpisahan dan terjatuh dari atas jembatan satu Barelang, Batam.

"Itulah kasus terakhir setelah itu sudah tidak ada lagi, karena kameranya susah rusak. Sementara dua orang perempuan tabrak lari yang kakinya putus kemarin itu kamera kita sudah rusak" tutupnya.

Editor: Chandra