Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sandiaga akan Hadiri Pelantikan Presiden Jokowi
Oleh : Irawan
Selasa | 15-10-2019 | 08:16 WIB
undangan_sandiaga.jpg Honda-Batam
Pimpinan MPR berkunjung ke kediaman Sandiaga Uno di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengharapkan Sandiaga Uno hadir dalam acara pelantikan Presiden-Wakil terpilih periode 2019-2024, pada Minggu (20/10/2019) akan datang. Selain Bamsoet, hadir pula beberapa wakil ketua MPR RI.

"Kita baru saja selesai melakukan dialog kebangsaan dengan Pak Sandi sebagai kandidat cawapres pemilu 2019. Kedatangan pimpinan MPR ke tempat beliau adalah pertama mengantarkan undangan dan berharap beliau bisa hadir," kata Bamsoet di kediaman Sandiaga di Kabayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019).

Kata Bamsoet, undangan sengaja diantar langsung untuk menunjukkan kepada negara lain bahwa Indonesia telah bersatu pasca memperebutkan kursi presiden dan wakil presiden. Sebelum ke Sandiaga, Bamsoet juga memberikan undangan pelantikan Jokowi-Ma'ruf ke Prabowo secara langsung.

"Kehadiran beliau ini sebagai pesan tidak saja kepada publik nasional tetapi juga ke dunia internasional. Bahwa kontestasi pemilu sudah selesai dan saatnya kita bersatu dan membangun bangsa. Jadi kehadiran Pak Sandi sebagai kandidat Cawapres dan Pak Prabowo sebagai kandidat Capres itu kita harapkan memberikan kesan yang positif bagi dunia internasional bahwa politik Indonesia stabil dan nyaman," bebernya.

"Kemarin bertarung sekarang saatnya adalah bersatu. Itu kira-kira harapan kami agar pak Sandi dan pak Prabowo bisa hadir pada pelantikan presiden 20 Oktober mendatang," sambungnya.

Dengan ini pula, lanjutnya, menunjukkan kalau tak adalah perasaan yang terluka pasca pemilu 2019.

"Harapan kami tentu dengan iklim yang sudah baik ini tidak ada lagi hurt feeling diantara kita yang bersaing. Saatnya kita bersatu membangun bangsa," pungkasnya.

Sementara itu, Sandiaga mengucapkan terima kasih kepada Bamsoet Cs yang telah memberikan undangan.

"Sangat berterimakasih kepada semua pak Ketua MPR beserta seluruh pimpinan dan wakil ketua beserta senior-senior dan semua yang sudah menyempatkan hadir pada sore ini insyaallah penuh berkah. Pertama-tama saya sangat tersanjung. Saya sangat terhormat karena Pak Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR datang pribadi untuk menyerahkan undangan (pelantikan Presiden-Wakil Presiden)," katanya.

Menurutnya, ini adalah kultur bangsa Indonesia meskipun kini zaman telah modern. Di mana, kata Sandiaga, Bamsoet beserta pimpinan MPR RI menyempatkan diri untuk mengantarkan langsung undangan tersebut.

"Ini adalah budaya Indonesia, mengantarkan undangan dengan secara pribadi hadir menyampaikan langsung dan ini merupakan budaya yang perlu kita lestarikan dalam era kemajuan teknologi sekarang. Biasanya di email, tetapi sekarang diantar sendiri," katanya.

"Jadi terima kasih mas Bambang, saya merasa sangat tersanjung dan Insyaallah saya hadir," sambungnya.

Selain itu Sandiaga yang merupakan lawan dari Jokowi pada Pemilu 2019 menyampaikan, kehadiran dirinya nanti menunjukkan bahwa bangsa Indonesia telah bersatu kembali. Oleh karena itu, lanjutnya, ia mengharapkan seluruh bangsa agar bersatu membangun bangsa Indonesia.

"Ini sudah menjadi kewajiban dan merupakan tugas sebagai warga negara, apalagi kemarin saya ikut dalam kontestasi, untuk hadir mengirimkan pesan kepada dunia internasional dan juga kepada seluruh segenap tumpah darah Indonesia bahwa kontestasi sudah selesai dan kita sekarang menatap 5 tahun pembangunan Indonesia. Karena we are all in the same board. Kita semua ada dalam satu bingkai NKRI," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet didampingi para pimpinan lainnya, seperti Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syarief Hasan, Hidayat Nur Wahid dan Arsul Sani. Sementara Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan tidak hadir.

Editor: Surya