Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gerindra Apresiasi Kinerja BIN Sukseskan Program Infrastruktur Joko Widodo
Oleh : Irawan
Minggu | 13-10-2019 | 15:04 WIB
arief_puyuono13.jpg Honda-Batam
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Puyuono, mengatakan, kinerja Badan Intelejen Negara (BIN) di era pemerintahan Joko Widodo perlu mendapatkan apreasiasi yang tinggi, terutama dalam membantu keberhasilan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK) dalam pembangunan infrastruktur.

"Keberhasilan pembangunan infrastruktur di era pemerintahan Joko Widodo, yang akhirnya berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Contohnya saja, setiap pembangunan infrastruktur yang tentu banyak memerlukan lahan untuk dibebaskan, yang pasti akan menimbulkan konflik sosial dengan masyarakat yang berkaitan dengan lahan tersebut," kata Arief dalam keterangannya, Minggu (13/10/2019).

Berdasarkan hasil data yang didapat, katanya, selama pemerintahan Joko Widodo dalam membangun infrastruktur hampir boleh dikatakan tidak ada konflik sosial terkait pembebasan lahan.

"Tentu ini tidak lepas juga dari kinerja BIN yang banyak melakukan penggalangan dan pendekatan kepada masyarakat, sebelum dilakukan pembangunan infrastruktur," katanya.

BIN, lanjutnya, memiliki informasi mengenai lokasi yang akan dibangun proyek Infrastruktur. "Yang mana informasi yang didapat dari lokasi objek proyek infrastruktur yang akan dibangun disampaikan BIN kepada Presiden Joko Widodo," katanya.

Arief menegasakan, intelijen berfungsi dalam melakukan penyelidikan, pengamanan dan penggalangan pra pembangunan infrastruktur, yang tujuannya adalah mendeteksi, mengidentifikasi, menilai, menganalisis, menafsirkan akan adanya potensi hambatan dalam pelaksanaan proyek proyek infrastruktur yang disajikan oleh BIN.

"Informasi tersebut diberikan kepada Presiden dalam rangka memberikan peringatan dini untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan bentuk potensi terjadinya konflik sosial ,yang pada akhir bisa diatasi oleh Pemerintah," katanya.

Karena itu, apa yang dilakukan oleh BIN yang dikepalai Budi Gunawan menunjukkan bahwa BIN menempatkan Presiden sebagai 'single client' dari BIN.

"Dan ini juga menunjukan bagaimana Budi Gunawan menjadikan BIN sebagai garis terdepan untuk mengamankan dan mengeksekusi kebijakan-kebijakan program pembangunan infrastruktur Joko Widodo secara senyap namun cepat dan akurat," katanya

Selain itu, Budi Gunawan juga berhasil menjadikan institusi BIN dalan menyeimbangkan dan menjalankan tugas-tugas intelijen dan mengawal proses demokrasi yang terkonsolidasi.

"Sehingga Pemilu 2019 yang telah menciptakan polarisasi di masyatakat dapat disatukan kembali lewat kerja Budi Gunawan, yang berhasil menjembatani pertemuan Joko Widodo dan Prabowo," tandas politisi Gerindra ini.

Editor: Surya