Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PKS Hormati Pilihan Politik Prabowo Mendekat ke Jokowi
Oleh : Irawan
Minggu | 13-10-2019 | 14:04 WIB
aboebakar_alhabsy.jpg Honda-Batam
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboebakar Alhabsyi

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboebakar Alhabsyi mengaku pihaknya menghormati pilihan politik yang diambil oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang akhir-akhir ini nampak akrab dengan pesaingya di Pikpres 2019 lalu.

"Kami tidak bisa mengurus dapur orang. Sedangkan PKS siap dengan segala situasi yang ada, Insya Allah kami siap di dalam pemerintahan ataupun di luar. Saat zaman pak SBY kami bersama pemerintah, kemudian di zaman pak Jokowi kami di luar, semuanya baik-baik saja," ujarnya di Jakarta, Sabtu (12/10/2019).

Lanjut Ketua DPP PKS ini, jika mengingat ketentuan Pasal 4 Ayat 1 UUD 1945 kita dapat menyimpulkan bahwa Presiden memegang kekuasaan sebagai kepala negara dan sekaligus kepala pemerintahan.

"Ini menandakan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia menganut pola Presidensial," katanya

Sebenarnya, sambung dia, dalam sistem presidensial, hubungan antara Presiden dan DPR tidak didesain dalam pola koalisi atau oposisi, melainkan lebih dalam pelaksanaan checks and balances.

"Jika memang kami harus melaksanakan fungsi checks and balances sendirian, Insya Allah PKS siap menjalani. Ini adalah wujud kecintaan kami kepada bangsa dan negara ini. Artinya, tentu tetap harus ada pihak yang mengambil peran untuk melakukan proses checks and balances. Jangan sampai pemerintah dibiarkan berjalan sendiri tanpa kontrol," terangnya.

Kata Anggota Komisi III DPR ini, publik harus mendudukkan pilihan politik ini secara proporsional, tidak dalam satu kubu bukan berarti bermusuhan.

"Ini adalah bagian dari ikhtiar kita membangun bangsa, harus ada yang mengambil peran menjaga keseimbangan, seperti ketika kita naik sepeda, perlu dikayuh kanan dan kiri agar bisa berjalan dan menjaga keseimbangan,' pungkasnya.

Editor: Surya