PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

November 2019, 2 KEK di Batam Ditargetkan Mulai Beroperasi
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 12-10-2019 | 14:04 WIB
rudi-kek.jpg honda-batam
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi menargetkan dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam, KEK Bandara Hang Nadim dan Rumah Sakit Otorita Batam, telah dapat difungsikan mulai November 2019. Pengoperasian kedua KEK di Batam ini sesuai instruksi dari Presiden Joko Widodo.

Rudi mengaku optimis pengoperasian kedua KEK tersebut, karena aturan teknis saat ini tengah digodok oleh Dewan Kawasan (DK) PBPB Batam. Selain itu, dua lokasi awal pemberlakuan KEK ini sendiri juga dinyatakan telah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat.

"Proses suratnya sudah kita ajukan, dan akhir November soal KEK sudah selesai," ungkapnya, Sabtu (12/11/2019).

Dua lokasi yang merupakan percontohan di tahap awal ini, kemudian akan dilanjutkan dengan dua lokasi lainnya yaitu Pelabuhan Bongkar Muat Batuampar, dan kawasan Nongsa Digital Park.

Rudi berharap, selain empat kawasan ini kawasan industri Batamindo, bersedia menjadi KEK. Serta dijanjikan insentif untuk mendukung investasi ke depan.

Adanya keinginan ini diutarakannya, agar Batamindo dapat menjadi contoh bagi kawasan industri lainnya. Dimana, dari usulan KEK yang masuk ke pemerintah pusat, belum ada industri elektronik.

"Misalnya, Batamindo akan kita kunci untuk industri. Hanya untuk industri, tidak untuk yang lain. Kami berharap, Batamindo bersedia mengubah status daerah kawasan industri itu dari FTZ ke KEK. Walau KEK, namun tetap ada dalam kawasan FTZ," janjinya.

Selain itu, adanya penerapan KEK bagi kawasan industri diharapkan dapat menjawab isu negatif sejak pemaparan yang pernah dilakukan oleh Menko Perekonomian, Darmin Nasution beberapa waktu lalu di Batam. Nantinya kawasan industri di Mukakuning juga akan terbantu, karena disiapkan jalan tol 25 Km dari pelabuhan Batuampar ke Mukakuning dan juga dari Bandara Hang Nadim.

Editor: Gokli