PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Kembali Ingatkan Pemindahan Pelabuhan Penumpang Pelni Desember Mendatang
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 10-10-2019 | 12:52 WIB
pel-sekupang.jpg honda-batam
Pelabuhan Pelni Sekupang.

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktur Humas dan Promosi Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dendi Gustinandar kembali mengingatkan wacana pihaknya dalam memindahkan Pelabuhan Penumpang Pelni, yang saat ini berada di kawasan Pelabuhan bongkar muat Batuampar.

Pihaknya menargetkan adanya pemindahan sendiri, akan mulai dilaksanakan pada Desember mendatang. Dimana saat ini pihaknya tengah menggesa persiapan untuk wilayah operasional pelabuhan.

"Saat ini prosesnya sedang disiapkan. Ditargetkan rencana angkutan Natal atau Tahun Baru sudah bisa digeser ke Sekupang," ujarnya, Kamis (10/10/2019).

Walau begitu, Dendi juga menjelaskan bahwa saat ini pihaknya juga masih mengejar proses anggaran yang akan digunakan untuk proyek perbaikan nantinya. Terkait hal ini, dia juga mengaku bahwa BP Batam masih tetap menjalin komunikasi dengan pihak PT Pelni.

"Karena ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, ini akan kita selesaikan," lanjutnya.

Sementara itu, keberadaan pelabuhan penumpang Pelni yang ada di kawasan pelabuhan bongkar muat sendiri kerap mendapat kritik dari masyatakat Kota Batam. Baik yang tengah menunggu waktu keberangkatan, maupun melalui media sosial.

Adanya keluhan ini sendiri juga pernah disampaikan langsung oleh calon penumpang, pada saat sidak yang dilakukan oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi pada Mei lalu.

Tidak hanya mengenai kenyamanan penumpang yang tengah menunggu, Menteri Perhubungan juga menerima keluhan mengenai ketakutan para penumpang, yang wajib melalui area bongkar muat sebelum memasukki kapal.

Selain itu, jarak antara ruang tunggu dan lokasi sandar kapal juga mendapat sorotan dari para calon penumpang. Diluar sulitnya akses transportasi umum, bagi para calon penumpang yang harus berangkat dan baru saja datang.

Editor: Gokli