PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musim Hujan, Warga Tanjungpinang-Bintan Diimbau Waspada Petir
Oleh : Redaksi
Rabu | 09-10-2019 | 12:16 WIB
petir-ilustrasi.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di Pulau Bintan (Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan), Kepulauan Riau untuk mewaspadai petir dengan intensitas yang tinggi, terutama saat hujan.

Prakirawan cuaca BMKG Tanjungpinang, Vivi mengatakan, hujan lokal yang terjadi bisa diikuti potensi terjadinya petir. "Petir dengan intensitas tinggi sebagai dampak dari pertumbuhan awan hitam dan tebal (comulonimbus)," ujarnya, Senin lalu, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Vivi mengemukakan, hujan lokal berpotensi terjadi hingga sepekan kedepan, terutama pada siang hingga sore hari. Sementara petir akan terjadi bila awan hitam dan tebal menyelimuti langit Pulau Bintan.

Saat ada petir, warga sebaiknya menghindari berada di tanah lapang, tidak berteduh di bawah pohon.

Pengendara sepeda motor juga sebaiknya tidak melanjutkan perjalanan saat hujan karena jalan potensial licin sehingga membahayakan keselamatan. "Kami imbau warga untuk menjaga kesehatan saat perubahan cuaca seperti sekarang ini," tuturnya.

Sementara untuk gelombang laut, Vivi mengatakan, tinggi gelombang laut di perairan Kepri rata-rata 0,2-1,5 meter. "Kondisi gelombang air laut kondusif untuk kegiatan transportasi laut," katanya.

Editor: Gokli