Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Di Atas Lahan Seluas 3,3 Hektar

Pemko Tanjungpinang Bakal Bangun Pasar Induk Modern di KM 8 Atas
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 02-10-2019 | 18:52 WIB
tinjau-lahan1.jpg Honda-Batam
Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma saat meninjau lahan yang akan dibangun pasar induk modern. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang bakal membangun pasar induk modern di KM 8 Atas. Pasar induk modern ini dibangun di lahan seluas 3,3 hektar.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang Rahma mengatakan, meskipun lokasi pembangunan pasar tersebut merupakan rawa namun tidak jadi masalah. Pihaknya juga akan memastikan kelayakan lokasi tersebut bersama dengan BPPW Kepri yang akan membangunnya.

"Saya rasa tidak ada permasalahan terkait lahan," ujar Rahma saat meninjau lokasi, Rabu (2/10/2019).

Selain itu, Rahma mempertegas lahan serta akses jalan tidak akan mengganggu pemukiman warga di sekitar. Permasalahan ini sebelumnya sudah dilakukan audensi bersama warga, termasuk pemilik lahan.

"Pasar Induk Modern Tanjungpinang rencananya dibangun menggunakan dana APBN tahun anggaran 2020," ungkapnya.

Sementara, Kepala BPPW Kepri, Albert Reinaldo menyebut jika Kementrian Perdagangan telah mengirimkan surat kepada Kementrian PUPR terkait soal rencana pembangunan Pasar Induk Modern Kota Tanjungpinang.

Pada prinsipnya, kata dia, pembangunan akan dilaksanakan jika segala sesuatu menyangkut syarat, baik hukum maupun administrasi mengenai lahan yang akan digunakan tidak memiliki permasalahan.

"Intinya lahan dan akses jalan ini harus clear dan clean. Selain itu Harus ada dokumen lingkungan, DED dan sesuai RTRW," sebutnya.

"Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan kajian kelayakannya," tambah Albert.

Editor: Yudha