Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demo FSPMI Juga Serukan Penolakan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 02-10-2019 | 18:04 WIB
demo-fspmi31.jpg Honda-Batam
Demo FSPMI di depan Kantor Wali Kota Batam. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Massa aksi yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) juga keberatan atas kenaiknya iuran BPJS Kesehatan karena akan berdampak langsung kepada para pekerja.

"Naik 100% maka akan menambah beban perusahaan, sehingga korbannya adalah PHK besar - besaran. Atau mungkin pemerintah sedang kebigungan mencari dana dalam pemindahan ibu kota, sehingga dibebankan kepada masyarakat melalui kenaikan iuran," tegasnya Ketua FC FSPMI Kota Batam, Alfitoni dalam orasinya saat demo di Pemko Batam, Rabu (2/10/2019).

Dalam kesempatan ini, pihaknya juga kembali mengingatkan janji Presiden Joko Widodo mengenai Peraturan Pemerintah nomor 78 tahun 2015 yang mengatur tentang pengupahan saat janji kampanye dalam pemilihan Presiden yang lalu.

"Mengenai permasalahan Upah Minimum Sektoral (UMSK), yang hingga saat ini masih belum mendapatkan keputusan dari Gubernur Kepri yang terkesan ada pembiaran," ungkapnya.

Selain itu menuntut agar Pemko Batam, dapat segera mengumpulkan serikat pekerja dan asosiasi pengusaha untuk bersama - sama membahas mengenai UMSK. Pembahasan ini juga dianggap dapat dilakukan di setiap pertengahan bulan setiao tahunnya, agar kebijakan dapat segera diterapkan tepat di awal tahun

"Oleh karena itu, kita telah siapkan petisi agar segera ditandatangani oleh Walikota Batam. Dan agar petisi tersebut segera dikirimkan kembali ke pemerintah pusat," tuturnya.

Editor: Yudha