Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Pemilihan, Sejumlah Nama Calon Pimpinan MPR Beredar
Oleh : Irawan
Rabu | 02-10-2019 | 15:28 WIB
007_dalimunte_brigita_lasut011.jpg Honda-Batam
Abdul Wahab Dalimunte dan Hillary Brigitta Lasut saat memimpin Rapat Konsultasi Pimpinan MPR RI bersama perwakilan 9 Fraksi DPR RI dan 1 Kelompok DPD RI

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sejumlah nama calon pimpinan MPR RI sudah beredar di media jelang sidang paripurna pemilihan pimpinan MPR RI periode 2019-2014 di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Sidang paripurna akan dipimpin oleh pimpinan sementara yakni anggota tertua dan anggota termuda MPR RI dan dilanjutkan dengan pemilihan ketua MPR RI dari 10 nama pimpinan yang disampaikan oleh masing-masing fraksi serta kelompok DPD RI di MPR RI.

Pada sidang tersebut fraksi-fraksi di MPR RI dan Kelompok DPD RI masing-masing akan menyerahkan satu nama dari fraksinya maupun dari kelompoknya yang ditunjuk menjadi pimpinan MPR RI periode 2019-2014.

Namun, sebelum sidang paripurna dimulai dan bahkan sejak kemarin sudah beredar beberapa nama calon pimpinan MPR RI, Mereka antara lain Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Bambang Soesatyo (Fraksi Partai Golkar), Ahmad Muzani (Fraksi Partai Gerindra), Lestari Moerdijat (Fraksi Partai Nasdem), Cucun Ahmad Syamsurijal (Fraksi PKB).

Kemudian, Zulkifli Hasan dari Fraksi Partai Amanat Nasional, sementara itu, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera, belum menyebut siapa kadernya yang akan ditunjuk menjadi pimpinan MPR RI.

Dari Partai Persatuan Pembangunan kemungkinan besar akan menunjuk Arsul Sani menjadi pimpinan MPR RI,. Selain itu dari Kelompok DPD RI masih ada beberapa nama yang disebut-sebut akan disampaikan menjadi pimpinan DPD RI, antara lain, Jimly Asshiddiqie dan Fadel Muhammad.

Ketua DPD RI La Nyala Mattaliti mengatakan, DPD belum memutuskan siapa nama yang akan disokong untuk kurasi Wakil Ketua MPR dari unsur DPD.

Seharusnya pascapemilihan ketua DPD, dilanjutkan dengan pemilihan pimpinan MPR RI sebagai perwakilan dari DPD RI, namun ditunda karena kecapaian.

"Seharusnya langsung memilih ketua kelompok tapi karena kita semua letih dan sudah dini hari, saya tunda dulu. Saya belum tahu siapa yang akan terpilih mewakili DPD RI," ujar La Nyalla, saat ditemui di Kompleks Parlemen, Rabu (2/10/2019).

Sebelumnya, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) termuda Hillary Brigitta Lasut memimpin Rapat Konsultasi Pimpinan MPR RI bersama perwakilan 9 fraksi DPR RI dan 1 kelompok DPD RI. Dalam rapat tertutup untuk umum itu memastikan akan memilih ketua MPR RI pada hari ini. Ia berharap semua fraksi di parlemen dan DPD RI menyodorkan nama-nama kandidat ketua MPR RI.

"Kami baru saja melakukan rapat konsultasi saja untuk rancangan tentatif. Jadi akan disahkan besok di rapat paripurna untuk pemilihan pimpinan MPR dan struktur-struktur yang ada di fraksi,” kata Hillary usai rapat tertutup itu, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019).

Editor: Surya