Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Golkar Usulkan Bamsoet sebagai Ketua MPR, Aziz Syamsuddin Wakil Ketua DPR
Oleh : Irawan
Selasa | 01-10-2019 | 17:28 WIB
bamsoet_azis_syamsuddin.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bambang Soesatyo dan Aziz Syamsuddin

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Partai Golkar akhirnya memutuskan mengusulkan Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai Ketua MPR RI, dan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR. Keputusan itu diambill setelah DPP Golkar menggelar rapat harian membahas pencalonan pimpinan MPR dan DPR.

Rapat Harian DPP Golkar dipimpin oleh Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Salah satu keputusannya adalah menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR dan Ketua Fraksi Golkar DPR.

"Selain itu, rapat juga memutuskan Pak Zainudin Amali sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR RI dan menugaskan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI dari Partai Golkar," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Selasa (1/10/2019).

"Selain membahas soal pimpinan DPR/MPR RI, rapat harian tadi memutuskan panitia HUT Partai Golkar ke-55, yaitu ditugaskan kepada Pak Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai ketua penyelenggara," imbuh Ace.

MPR akan dipimpin satu ketua dan sembilan wakil. Pemilihan Ketua MPR akan digelar secara musyawarah. Jika tak ada titik temu, maka akan digelar voting.

Setiap fraksi partai di MPR dan DPD berhak mengajukan calon Ketua MPR. Nama Bamsoet menguat. Namun ada juga penantang yang muncul, seperti Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang merupakan calon petahana (mantan Ketua MPR Periode 2014-2019, Ahmad Muzani dari Partai Gerindra dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Editor: Surya