Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendagri Ditunjuk sebagai Plt Menkumham Gantikan Yasonna
Oleh : Irawan
Selasa | 01-10-2019 | 15:40 WIB
mendagri15.jpg Honda-Batam
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo membenarkan kabar yang menyebut dirinya ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) menggantikan posisi Yasonna Laoly yang mengundurkan diri. Tjahjo akan menjabat sebagai Plt Menkumham hingga berakhirnya masa jabatan kabinet Jokowi-Jusuf Kalla.

Berdasarkan keputusan Presiden RI, Nomor 99/P/Tahun 2019 tertanggal 30 September 2019, menyatakan bahwa saya ditunjuk sebagai Plt. Wewenang dan tanggungjawab sebagai Menkumham Kabinet Kerja sampai berakhirnya masa jabatan kabinet periode 2014-2019," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (1/10/2019) siang.

Atas amanah baru tersebut, Tjahjo mengatakan, siap menjalankannya. "Saya sebagai pembantu Presiden siap melaksanakan tugas sebagaimana keputusan Presiden tersebut dengan penuh tanggung jawab," ungkapnya menegaskan.

Sebelumnya, dalam surat permohonan pengunduran dirinya, Yasonna mengundurkan diri karena terpilih sebagai Anggota DPR Periode 2019-2024 dan dilantik pada 1 Oktober 2019. Yasonna sendiri telah dilantik sebagai Anggota DPR hari ini.

"Hal ini berkaitan dengan terpilihnya saya sebagai anggota DPR Republik Indonesia Daerah Pemilihan Sumatra Utara I, serta tidak diperbolehkan rangkap jabatan sesuai dengan Pasa 23 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara yang menjelaskan Mmenteri dilarang merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan," demikian bunyi surat pengunduran diri Yasonna.

Surat tertanggal 27 September 2019 itu ditembuskan ke Wapres RI, pimpinan DPR, Menko Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mensesneg, dan Sekretaris Kabinet (Seskab). Dalam surat itu, Yasonna mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi telah dipercaya sebagai menkumham.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan dari Bapak Presiden yang telah menunjuk saya sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla serta atas dukungan selama saya menjabat. Di samping itu, saya memohon maaf apabila selama menjabat sebagai menteri terdapat banyak kekurangan dan kelemahan," tulis Yasonna.

Editor: Surya