Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hakim PN Batam Tak Akan Demo

Tuntutan Kenaikan Gaji Hakim Realistis, 10 Tahun Tak Pernak Naik
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Senin | 09-04-2012 | 11:29 WIB

BATAM, batamtoday - Tuntutan adanya kenaikan gaji hakim dianggap lumrah atau wajar. Pasalnya sudah selama sepuluh tahun gaji hakim tidak pernah naik sejak tahun 2002 yang lalu. 

"Realistis menuntut kenaikan gaji. Sejak tahun 2002 gaji hakim tidak pernah mengalami kenaikan," ujar Saiman, Humas Pengadilan Negeri Batam kepada batamtoday, Senin (9/4/2012). 

Dijelaskan Saiman, gaji pegawai negeri sipil sudah mengalami beberapa kali kenaikan. Akan tetapi gaji hakim sudah lama tidak naik sehingga wajar apabila hakim-hakim menuntut kenaikan. 

"Hakim Ad hock saja yang diangkat oleh MA yang baru masuk gajinya langsung tinggi, tapi hakim seperti kita gajinya tetap seperti itu," terang Saiman. 

Akan tetapi, lanjutnya, hakim di PN Batam tidak akan melakukan unjuk rasa menuntut kenaikan gaji. Hakim akan tetap melaksanakan tugasnya untuk melakukan pelayanan masyarakat. 

"Kita tetap melakukan tugas memberikan pelayanan, tidak akan ikut demo. Tentang kenaikan gaji kita serahkan kepada yang berwenang dalam pembuatan kebijakan," ujarnya.