Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bamsoet Sebut Pelaku Kerusuhan Bukan Mahasiswa, tapi Ada Pihak Lain yang Ikut Provokasi
Oleh : Irawan
Rabu | 25-09-2019 | 15:16 WIB
bamsoet27.jpg Honda-Batam
Ketua DPR Bambang Soesatyo

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan, pelaku kerusuhan saat menjelang berakhirnya demo mahasiswa pada Selasa (25/9/2019) malam bukanlah mahasiswa. Bambang menyebut ada pihak lain yang ikut memprovokasi kerusuhan.

"Kerusuhan dan bakar bakar bukan merupakan perbuatan mereka (mahasiswa), saya sudah melihat memang tadi malam itu bukan lagi murni kegiatan mahasiswa," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Rabu (25/9/2019).

Dalam kerusuhan yang terjadi pos pengamanan sempat mengalami pembakaran. Ruas tol juga mengalami perusakan. Bamsoet meminta aparat Polri untuk mengusut siapa yang 'bermain' di balik kerusuhan.

"Karena saya yakin, adik-adik saya yang mahasiswa tidak akan melakukan hal hal seperti itu," ujar Poltikus Golkar itu.

Bamsoet mengaku sudah melakukan konfirmasi dengan sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Dia menyatakan, kebanyakan mahasiswa telah menarik diri dari aksi saat menjelang malam.

"Mereka sudah menarik diri karena mereka juga melihat sudah banyak yang 'ikutan' dalam tanda kutip menyampaikan aspirasi di DPR. Itu sebabnya saya minta kepolisian dan intelijen untuk mengusut tuntas siapa yang bermain dalam kerusuhan tadi malam," ujar Bamsoet.

Bamsoet juga mengaku sempat mengunjungi korban luka-luka dalam demonstrasi bernama Faisal. Begitu pula sejumlah aparat yang mengalami luka-luka. Untuk hal ini, Bamsoet juga meminta polisi mengusut tuntas.

"Kita tidak boleh berprasangka kita serahkan aparat kepolisian untuk menyelidiki lihat dari saksi-saksi, CCTV yang ada kalau memang ada kamera di situ," ujar Bamsoet.

Editor: Surya