Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

10 Pemain Muda Ini Diprediksi Balak Bersinar di Liga Champions
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 20-09-2019 | 17:28 WIB
yourl1.jpg Honda-Batam
Youri Tielemans sudah mendapat kepercayaan membela timnas Belgia. (REUTERS/Yiannis Kourtoglou)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Para pelatih kerap menampilkan skuat terbaik ketika berlaga di Liga Champions. Bagi pemain belia, bermain dalam kompetisi antarklub nomor satu di Eropa tersebut menjadi kebanggaan.

Dalam sejarah Liga Champions, terdapat pemain-pemain berusia 16 tahun yang ditampilkan oleh para pelatih.

Musim ini Ansu Fati menorehkan sejarah bagi Barcelona. Menjadi starter kala melawan Borussia Dortmund, Fati memecahkan rekor pemain termuda Blaugrana yang berlaga di Liga Champions.

Berikut 10 nama pemain muda debutan di Liga Champions lainnya yang dikutip dari Marca:

1. Celestine Babayaro
Nama Babayaro tercatat melakukan debut dengan usia 16 tahun 87 hari ketika membela Anderlecht melawan FC Steaua pada 13 November 1994.

Penampilan Babayaro memang berhasil menarik banyak klub besar. Pemain yang bisa bermain sebagai bek dan gelandang itu kemudian menuai perhatian ketika membela Chelsea. Sejak 1997 hingga 2005, pemain asal Nigeria itu berkostum The Blues. Selain Chelsea, Babayaro juga bermain untuk Newcastle United dan Los Angeles Galaxy.

2. Alen Halilovic
Sebelum bergabung dengan Barcelona pada 2014, Halilovic lebih dulu menjalani debut liga Champions bersama Dinamo Zagreb dengan catatan 16 tahun 128 hari pada 24 Oktober 2012. Kala itu, pemain asal Kroasia tersebut harus mengakui keunggulan Paris Saint-Germain (PSG) 2-0.

Gelandang serang yang kini berusia 23 tahun itu gagal mendapat tempat utama di Barcelona dan sempat menjadi pemain pinjaman di beberapa klub. Setelah dibeli Milan pada tahun lalu, Halilovic pun kembali dipinjamkan ke klub Belgia dan Belanda.

3. Youri Tielemans
Pemain asal Belgia ini melakukan debut di Liga Champions dengan pada usia 16 tahun 148 hari ketika membela Anderlecht pada 2 Oktober 2013. Namun Anderlecht kala itu harus menerima kekalahan 3-0 kala melawan Olympiakos.

Berbagai gelar domestik bersama Anderlecht telah diraihnya, namun ia memilih hengkang ke AS Monaco, dan kini membela klub asal Inggris, Leicester City.

4. Charalampos Mavrias
Charalampos Mavrias bermain selama 12 menit ketika melakukan debut di Liga Champions pada usia 16 tahun 242 hari pada 20 Oktober 2010. Ia tampil perdana bersama Panathinaikos ketika melawan Rubin Kazan yang berakhir imbang.

Mavrias yang sudah memiliki caps di timnas Yunani kini membela klub Omonia yang berlaga di liga sepak bola Siprus.

5. Kenneth Zohore
Pemain yang kini membela West Bromwich Albion ini tampil pertama kali di Liga Champions ketika masih berusia 16 tahun 263 hari bersama Copenhagen ketika kalah dari Barcelona dengan skor 0-2 pada 2010.

Penyerang asal Denmark itu juga tercatat pernah menjadi bagian dari FIorentina dan Cardiff City.

6. Moise Kean
Kean mencatatkan rekor sebagai pemain kelahiran tahun 2000-an yang tampil pertama di Liga Champions ketika masih membela Juventus. Pada usia 16 tahun 269 hari, pemain Italia keturunan Pantai Gading itu mencicipi persaingan ketat Liga Champions.

Kala itu Juventus memenangkan laga melawan Sevilla dengan skor 3-1. Pada musim ini, Kean telah resmi menjadi rekrutan Everton.

7. Bryan Cristante
Setelah memulai karier sepak bola bersama skuat junior AC Milan di tahun 2009, Cristante kemudian ditarik ke tim utama dan melakukan debut di Liga Champions pada tahun 2011 dengan catatan usia 16 tahun 273 hari. AC Milan kala itu ditahan imbang Viktoria Plzen 2-2 pada 6 Desember 2011.

Gelandang yang pernah membela Benfica, Palermo, Pescara, dan Atalanta melanjutkan karier bersama AS Roma pada musim ini.

8. Aleksandr Pavlenko
Berposisi sebagai gelandang serang, Pavlenko mengawali karier di dunia sepakbola bersama tim Rusia, Spartak Moskow. Ia memulai debut di liga Champions menghadapi Feyenoord Rotterdam pada 2001 dengan usia 16 tahun 9 bulan 11 hari. Laga tersebut dimenangkan oleh tim Belanda dengan skor 2-1. Kini dirinya telah memasuki usia ke 34 tahun dan memutuskan untuk gantung sepatu.

9. Roman Wallner
Wallner berhasil tampil perdana di Liga Champions bersama Strum Graz kala menghadapi Inter Milan pada 1998. laga tersebut dimenangkan oleh Inter dengan skor 2-0. Ia berhasil tampil catatan usia 16 tahun 10 bulan 5 hari.

Pemain yang pernah membela timnas Austria ini pernah membela klub semenjana Eropa lainnya seperti Hannover, Falkirk, dan RB Leipzig.

10. Ansu Fati
Winger Barcelona ini menjadi buah bibir setelah mengawali musim 2019/2020 dengan gemilang di liga Spanyol, menyusul cedera Lionel Messi, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele.

Fati kemudian mencatatkan namanya menjadi debutan termuda Barcelona yang bermain di Liga Champions dengan usia 16 tahun 322 hari.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha