PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPPP Anambas Segera Serahkan 16 Armada Tangkap Kelompok Nelayan
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 16-09-2019 | 18:41 WIB
armada-tangkap1.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan (DPPP) Kabupaten Kepulauan Anambas masih menunggu jadwal penyerahan 16 armada tangkap (pompong nelayan) dengan kapasitas 3 GT dan 100 unit radio kepada sejumlah kelompok nelayan.

Pasalnya, sampai saat ini baru 15 armada yang selesai dirakit oleh pihak ketiga di Tanjungpinang.

"Informasi terakhir dari penyedia barang (pihak ketiga), sudah 15 kapal yang selesai dirakit, tinggal menunggu 1 kapal lagi. Kalau itu sudah selesai, baru kita serahkan kepada kelompok nelayan. Sedangkan 100 unit radio sudah ada di gudang kita," ujar Effi Sjuhairi, Senin (16/9/2019).

Effi mengakui, pihaknya setiap tahun memberikan bantuan armada tangkap kepada nelayan, sebagai dukungan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas yang mayoritas penduduknya berprofesi nelayan.

"Ada ratusan kelompok nelayan yang ada di Anambas ini. Target kita, semua kelompok nelayan ini mendapat bantuan, namun dilakukan secara bertahap. Karena tugas dan fungsi DPPP saat ini fokus pada pembinaan," jelasnya.

Untuk alokasi anggaran, kata Effi tersedia sekitar Rp 1,2 miliar. "Untuk pengadaan armada tangkap sekitar Rp 600 juta, dan radio sekitar Rp 500 juta," jelasnya.

Editor: Yudha