Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Garuda Batalkan 15 Penerbangan Hingga 19 September Akibat Kabut Asap
Oleh : Redaksi
Senin | 16-09-2019 | 16:16 WIB
garuda-tpi12.jpg Honda-Batam
Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. membatalkan 15 penerbangan untuk periode perjalanan 16 hingga 19 September 2019. Pembatalan dilakukan menyusul makin pekatnya kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia M.Ikhsan Rosan mengatakan kebijakan ini telah mempertimbangkan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan serta kenyamanan penumpang.

"Pembatalan juga mempertimbangkan jarak pandang penerbangan terbatas yang berisiko terhadap keberlangsungan operasional penerbangan," ujar Ikhsan dalam keterangan tertulisnya pada Senin (16/9/2019).

Selain pembatalan, perusahaan maskapai memutuskan melakukan perubahan jadwal. Maskapai juga mengalihkan rute untuk beberapa jadwal, seperti penerbangan dengan nomor GA 580 dan GA 582 Rute Jakarta-Samarinda. Rute ini dialihkan ke Balikpapan.

Ikhsan mengatakan perusahaan menyilakan penumpang mengubah jadwal penerbangan. Penumpang juga diberikan pilihan melakukan pengalihan rute atau meminta pengembalian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Garuda Indonesia akan terus memonitor situasi dan perkembangan berkaitan dengan intensitas dampak kabut asap tersebut, khususnya yang dapat mengganggu keselamatan penerbangan," ujarnya.

Para penumpang diimbau untuk memastikan kembali jadwal penerbangannya melalui call center Garuda Indonesia.

Adapun data penerbangan yang dibatalkan adalah sebagai berikut. Selama hari ini, Senin (16/9/2019), terdapat 7 penerbangan Garuda yang dibatalkan. Ketujuh penerbangan itu adalah dari dan menuju sejumlah daerah yang terkena kabut asap seperti Pontianak, Palangkaraya dan Samarinda.

Sementara untuk penerbangan di hari Selasa 17 September 2019, Garuda membatalkan penerbangan dengan nomor GA550 Jakarta - Palangkaraya dan GA551 Palangkaraya - Jakarta.

Adapun penerbangan di hari berikutnya, yakni Rabu 18 September 2019, Garuda Indonesia membatalkan penerbangan dengan nomor GA 500 Jakarta - Pontianak, GA 503 Pontianak - Jakarta, GA 510 Jakarta - Pontianak, GA 550 Jakarta - Palangkaraya dan GA 551 Palangkaraya - Jakarta. Untuk penerbangan hari Kamis, 19 September 2019, Garuda membatalkan penerbangan nomor GA 501 Pontianak - Jakarta.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha