Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Kualitas SDM, Uniba Gelar Raker Dua Hari
Oleh : Redaksi
Sabtu | 14-09-2019 | 14:40 WIB
rektor-uniba.jpg Honda-Batam
Rektor Uniba dan para pimpinan saat menggelar Raker selama dua hari. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Universitas Batam (Uniba) menggelar Rapat Kerja (Raker) Pimpinan dan Struktural di lingkungan Uniba, Sabtu (14/9/2019). Raker akan berlangsung hingga esok.

Pada kesempatan itu, Rektor Universitas Batam Dr. Ir. Chablullah Wibisono MM mengatakan, melalui Raker kali ini adalah guna menciptakan sumber daya yang inovatif dan adaptif terhadap teknologi, diperlukan penyesuaian sarana dan prasarana pembelajaran dalam hal teknologi informasi, internet, analisis big data dan komputerisasi.

Lebih lanjut disampaikannya, perguruan tinggi harus menyediakan infrastruktur pembelajaran tersebut diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang terampil dalam aspek literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia.

Rektor Uniba itu juga menegaskan, sebagai salah satu universitas ternama di Kepulauan Riau, Uniba diharapkan menjadi universitas yang hebat, tidak hanya besar dan memiliki infrastruktur yang besar.

"Uniba perlu mengarah ke Entrepreneur University, mengembangkan mazhab keilmuan yang khas dengan karakter yang kuat. Uniba juga harus mencetak para ‘Selebriti Akademik’ dengan reputasi yang kuat," ujarnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Jemmy Rumengan SE MM selaku pengawas Yayasan Griya Husada Batam ketika membuka Raker memberikan arahan kepada seluruh Pimpinan Rektorat dan Dekanat, bahwa kurikulum pendidikan tinggi harus memperhatikan revolusi industri saat ini. Diantaranya, seperti desain ulang kurikulum dengan pendekatan human digital dan keahlian berbasis digital.

"Sistem perkuliahan berbasis teknologi informasi nantinya diharapkan menjadi solusi bagi anak bangsa di pelosok daerah untuk menjangkau pendidikan tinggi yang berkualitas," ujar Jemmy Rumengan.

Sedangkan Ketua Panitia Raker yang juga Wakil Rektor I, Prof. Nasruddin Noer M.Eng.Sc mengatakan, Raker ini untuk peningkatan tata kelola menghadapi perkembangan regulasi yang dikeluarkan oleh Kemenristek Dikti utamanya tri dharma perguruan tinggi. "Saat ini universitas diharapkan harus mampu bersaing secara global," tegas Nasruddin Noer.

Hal senada disampaikan Dr. Muamar K yang membidangi bagian penelitian, tuntutan publikasi karya ilimiah khususnya hasil penelitian dosen dan mahasiswa harus publikasi. Sebab karya tulis tersebut memiliki nilai akademis yang wajib diketahui oleh masyarakat luas baik tingkat nasional dan internasinal.

Raker kali ini di hadiri oleh seluruh rektorat, dekan, kepala Prodi (Program Studi) dan pimpinan lembaga yang berada di Universitas Batam.

Editor: Dardani