PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tutup Maret 2020, PT Unisem Masih Buka Lowongan Kerja untuk 80 Karyawan
Oleh : Hendra Mahyudi
Selasa | 10-09-2019 | 17:28 WIB
pt-unisem1.jpg honda-batam
PT Unisem. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Unisem membuka lowongan kerja 80 orang karyawan, padahal perusahaan itu baru saja melakukan pengurangan tenaga kerja karena akan tutup secara operasional pada akhur Maret 2020 mendatang.

Pembukaan lowongan kerja ini dilakukan melalui perusahaan outsourcing PT Tunas Karya di Aula MPH Batamindo Industrial Park, Selasa (10/9/2019) sedari pukul 10.00 WIB pagi. Ratusan orang pelamar tampak mengikuti tahapan seleksi administrasi.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Batam, Rudi Sakyakirti yang saat ini juga berada di lokasi seleksi administrasi tahap awal mengatakan, pada hari ini ada dua perusahaan yang membuka lowongan yakni PT Patlite dan PT Unisem.

Rudi mengatakan, khusus untuk PT Unisem yang dibutuhkan adalah tenaga kerja perempuan untuk bagian operator dengan pengalaman kerja minimal selama 1 tahun.

"Yang dibutuhkan perempuan bagian operator dengan pengalaman kerja minimal 1 tahun. Total yang dibutuhkan adalah 80 orang," ujarnya.

Saat ditanyakan alasan penerimaan pekerja baru di tengah situasi perusahaan yang saat ini sedang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan lama. Rudi mengatakan ada skema perusahaan yang berlaku, jelang tanggal 30 September 2019, karyawan yang disisakan untuk menyelesaikan tanggung jawab kepada konsumen adalah 800 orang pekerja.

"Sistim perjanjiannya dengan karyawan, yang akan dipertahankan 800 pekerja saja dari total sebelumnya 1.505 orang hingga 30 September ini. Dan 80 orang ini adalah penambahan pekerja jangka tertentu untuk menyelesaikan proyek yang tertunda kepada konsumen," jelasnya.

"Jadi penerimaan ini sengaja lewat perusahaan outsourcing, dengan regulasi kontrak jangka pendek," tambahnya.

Editor: Yudha