PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Sebut Belum Ada Pembahasan Teknis Soal Pembangunan Jalan Tol Batam
Oleh : Nando Sirait
Senin | 09-09-2019 | 16:52 WIB
andiantono11.jpg honda-batam
Direktur Pembangunan Prasarana dan Sarana Badan Pengusahaan (BP) Batam, Purnomo Andiantono. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktur Pembangunan Prasarana dan Sarana Badan Pengusahaan (BP) Batam, Purnomo Andiantono menjelaskan bahwa wacana pembangunan jalan tol di Batam, hingga saat ini belum memasuki tahapan pembahasan teknis.

Dimana hingga saat ini, pengerjaan proyek strategis nasional Indonesia tahun 2018 itu baru pembahasan awal. Dan saat ini belum ada perkembangan terbaru.

"Masih pra feasibility study (fs) mungkin. Belum ada forum group diskusi dan fs yang akan dilanjutkan ke rencana teknis," ujarnya, Senin (9/9/2019).

Mantan Direktur Promosi dan Humas BP Batam melanjutkan, untuk realisasinya masil perlu kajian lebih detail. Karena itu, Andi memperkirakan, pengerjaannya mungkin tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Kita akan selalu berkoordinasi dengan Pekerjaan Umum (PU) yang ada di sini. Tapi untuk pengerjaannya, kita belum sampai ke pembahasan detail jalan tol," lanjutnya.

Sementara itu, soal anggaran pembangunan jalan bebas hambatan yang menghubungkan Batuampar-Mukakuning-Bandara Hang Nadim sepanjang 25 km ini, diperkirakan sepenuhnya dari pusat.

Sebelumnya, wacana Jalan Tol Batam kembali mencuat belakangan ini.setelah Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol Hutama Karya, Agung Fajarwanto memberi pernyataan kepada media, hampir 70 persen struktur jalan tol di Batam yang bakal dikembangkan, akan dibuat melayang atau elevated.

Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyusun trase Jalan Tol Dalam Kota Batam. Targetnya, penyusunan trase untuk ruas yang akan digarap PT Hutama Karya (Persero) tersebut, selesai akhir tahun 2019 ini.

Direktur Pembangunan Prasarana dan Sarana Badan Pengusahaan (BP) Batam, Purnomo Andiantono memperkirakan, pembangunan jalan tol di Batam, belum akan direalisasikan dalam waktu dekat.

Editor: Yudha