Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Rahasia Valentino Rossi Tetap Kompetitif di Usia 40 Tahun
Oleh : Redaksi
Senin | 02-09-2019 | 19:16 WIB
valentino-rossi117.jpg Honda-Batam
Valentino Rossi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Meski usianya sudah mencapai 40 tahun, Valentino Rossi masih bisa bersaing sampai saat ini. Mantan rider MotoGP John Hopkins menganalisis 'rahasia' Rossi.

Hopkins pernah bersaing dengan Rossi di balapan kelas primer selama delapan tahun sebelum berhenti di 2011. Selama 112 start, pria 36 tahun asal Amerika Serikat tersebut naik empat podium.

Rossi masih terus balapan di MotoGP sampai musim 2019. Pebalap Monster Energy Yamaha tersebut berhasil finis dua kali podium di Rio Hondo, Argentina dan Austin.

Hopkins menilai ada sejumlah faktor di balik keawetan Rossi. Di antaranya kebugaran yang terjaga dan mentalitas.

"Dia tidak pernah menderita cedera serius selama kariernya dan hal ini memungkinkan dia melakukan hal-hal yang berhubungan dengan fisik sekalipun di usia 40 tahun," Hopkins mengatakan kepada Motorsport-total. "Dia juga bersaing secara reguler dengan pebalap-pebalap yang lebih muda di lahan dia. Hal itu membuat dia tetap muda secara mental."

"Terlepas dari hal itu, saya belum pernah bertemu dengan pebalap lain yang memiliki gairah untuk olahraga ini sebesar dia, di mana hal itu membuat dia seperti jauh di bawah usianya sekarang," kata pebalap yang dikenal menunggangi Suzuki itu.

Tidak sedikit yang meragukan Rossi akan terus membalap sampai kontraknya habis pada akhir tahun depan. Hopkins merasa Rossi tidak usah cepat-cepat pensiun.

"Saya tidak memahami mengapa dia tidak bisa kompetitif selama paling tidak dua tahun lagi," imbuh Hopkins.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha