Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ada Upaya Sistematis Agar Hubungan Jokowi dan Masyarakat Papua Tak Harmonis
Oleh : Irawan
Minggu | 01-09-2019 | 16:32 WIB
bamsoet26.jpg Honda-Batam
Ketua DPR Bambang Soesatyo

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak pemuda Papua merawat hubungan harmonis antara warga Papua dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kerusuhan yang sempat terjadi di Papua, dinilai Bamsoet, menandakan adanya pihak yang tak suka hubungan baik itu terbina. 

Ada upaya untuk merusak hubungan harmonis antara warga Papua dengan pemerintahan yang dipimpin Presiden Jokowi sekarang ini. Skala unjuk rasa yang besar dan kemudian meluas ke sejumlah kota memunculkan indikasi adanya pihak yang menunggangi kemarahan orang muda Papua.

"Kecenderungan inilah yang patut diwaspadai pemuda Papua," kata Bamsoet lewat keterangan pers, Minggu (1/9/2019).

Dia menyatakan hubungan baik antara warga Papua dan Jokowi sudah terbukti lewat hasil Pilpres 2014. Namun kerusuhan berlangsung dengan eskalasi cepat di Papua, diawali peristiwa spesifik di kota-kota Pulau Jawa. Jokowi dan Iriana juga sering mengunjungi Papua untuk memantau pembangunan secara langsung.

"Hubungan yang harmonis antara warga Papua dengan Presiden pun telah dibuktikan ketika Jokowi menang sangat telak di tanah Papua dalam pemilihan presiden tahun ini," ujar Bamsoet.

Editor: Surya