Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pencuri Pecah Kaca Mobil Sikat Rp1 Juta di Legenda
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 27-01-2011 | 15:34 WIB
Polisi_cek_mobil.jpg Honda-Batam

Polisi sedang melakukan pemeriksaan di dalam mobil Honda Jazz milik Purwanto, korban pencurian dengan modus pecah kaca di ruko perumahan Puri Legenda, Kamis 27 Januari 2011 (Foto: Hendra Zaimi)

Batam, batamtoday - Aksi pencurian dengan modus pecah kaca mobil terjadi di ruko perumahan Puri Legenda Batam Centre, Kamis 27 Januari 2011 sekitar pukul 11.30 WIB, pelaku berhasil membawa kabur tas yang berisikan dokumen dan uang Rp1 juta milik korban yang berada di dalam mobil.

Kali ini yang menjadi korban adalah Purwanto (30) warga Taman Raya Batam Centre, kaca sebelah kiri depan mobil Honda Jazz hitam dengan nopol BP 88 AT milik korban dipecah oleh pelaku dan lantas membawa kabur tas tersebut, saat parkir di depan Media Al-Falah Advertising.

"Tiba-tiba alarm mobil bunyi, saat keluar saya melihat dua orang pelaku meninggalkan mobil dengan membawa kabur tas milik saya," kata Purwanto kepada batamtoday.

Korban berteriak maling, maling, maling, sambil mengejar 2 orang pelaku yang mengendarai sepeda motor Yamaha Mio, namun tidak ada respon dari masyarakat di sekitar lokasi kejadian dan kalah cepat dengan pelaku yang menggunakan sepeda motor, dan akhirnya lolosi.

"Pelaku menggunakan sepeda motor Yamaha Mio, namun saya tidak ingat nopolnya karena panik pada saat kejadian terjadi," lanjut lelaki yang biasa di sapa Cak Pur ini

Korban mendatangi Media Al-Falah Advertising sekitar pukul 10.30 WIB, kedatangan korban ke tempat itu untuk memesan banner untuk keperluan tempat usahanya, namun tiba-tiba terdengar suara alarm mobil dari luar, dan lantas korban keluar untuk memastikan apakah itu suara alarm mobil miliknya apa tidak.

"Ternyata benar, pelaku berhasil mengambil tas milik saya yang berisikan dokumen dan uang sebesar Rp1 juta," jelasnya.

Menurut lelaki yang merupakan pemilik restoran Ayam Kriuk di daerah Taman Raya ini, akibat kejadian tersebut dia mengalami kerugian jutaan rupiah.

Sedangkan saksi lain mengatakan, sebelumnya ada orang yang tidak dikenal yang menggunakan sepeda motor Yamaha Mio nampak beberapa kali mondar-mandir di dekat mobil korban sambil memantau situasi.

Sementara itu, menurut salah seorang anggota reserse Polsekta Batam kota yang turun ke lokasi kejadian kepada wartawan, mengatakan pelaku  menggunakan modus lama dalam menjalankan aksinya, yaitu dengan menggunakan busi sepeda motor untuk memecahkan kaca agar alarm mobil tidak berbunyi.

"Pelaku menggunakan busi untuk memecahkan kaca mobil, namun karena panik dan menyentuh mobil akhirnya alarm berbunyi," kata anggota reserse yang namanya tidak ingin namanya disebut sambil menunjukkan barang bukti pecahan busi mobil kepada wartawan.

Pantauan batamtoday, pihak kepolisian dari Polsekta Batam Kota masih melakukan penyidikan dengan meminta keterangan dari korban dan saksi yang berada lokasi kejadian.