PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Danlantamal IV Sambut Siswa Mengenal Nusantara 2019 dari Kalimantan Utara
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 16-08-2019 | 13:28 WIB
SMN-kaltar-tpi.jpg honda-batam
Siswa Mengenal Nusantara 2019 dari Kalimantan Utara di Mako Lantamal IV Tanjungpinang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV, Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah secara resmi menyambut siswa mengenal nusantara (SMN) dari Provinsi Kalimantan Utara tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No 1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau, Kamis (15/8/2019).

Dilansir situs resmi Diskominfo Kepri, sebanyak 21 peserta SMN asal Provinsi Kaltara yang mengikuti kegiatan 'BUMN Hadir Untuk Negeri' di Provinsi Kepri pelaksanaan mulai 15 - 16 Agustus 2019. Mereka juga didampingi para guru berprestasi, dan guru pendamping difabel, serta seorang perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kaltara.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV, Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah dalam sambutan mengatakan, saya mewakili seluruh Prajurit Lantamal IV menyampaikan ucapan selamat datang di Mako Lantamal IV Tanjungpinang yang merupakan siswa dan siswi terbaik dari Provinsi Kalimantan Utara, program Siswa Mengenal Nusantara merupakan kegiatan 'BUMN Hadir Untuk Negeri' dalam hal ini PT Pelindo 1.

Lebih jauh dikatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa setara (SLB).

Selama 2 hari peserta Siswa Menegenal Nusantara akan dibekali berbagai materi kegiatan Bela Negara, semua diarahkan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan menanamkan semangat juang serta meningkatkan rasa cinta tanah air dan rela berkorban untuk Bangsa dan Negra.

Danlantamal IV berharap SMN tahun 2019 yang berjumlah 21 orang terdiri dari Siswa/Siswi/SMU/SMK/SLB yang berasal dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dapat mengenal dan memahami wilayah, budaya, potensi yang ada di Tanjungpinang, termasuk di Lantamal IV, di mana terdapat Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang terdiri dari KRI dan Pesawat Udara.

Orang nomor satu di Lantamal IV menjelaskan bahwa Tanjungpinang merupakan Ibukota Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki luas daratan 4 persen dan dikelilingi Lautan seluas 96 persen, sehingga potensi maritimnya sangat melimpah dengan keindahan alamnya khususnya laut yang sangat luar biasa serta berbatasan langsung dengan beberapa Negara Tetangga seperti Singapura, Malaysia, Filipina dan Vietnam.

Selain itu Provinsi Kepulauan Riau Memiliki 5 Kabupaten dan 2 Kota Dengan potensi yang beragam. Kota Batam memiliki keunggulan di bidang Industri dan jasa begitu juga Kabupaten Karimun. Lingga dengan potensi pertanian dan perkebunan, belum lagi Anambas yang memiliki keindahan laut yang masih alami dan telah menarik banyak wisatawan asing untuk datang berlibur.

Begitu juga dengan Kabupaten Bintan yang sudah terkenal hingga keluar Negeri dengan kawasan Wisata Lagoinya, Terakhir Kota Tanjungpinang, Kota yang hadir dengan Wisata Budaya dan Religi serta merupakan kota pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau yang berada di Pulau Dompak tuturnya.

Sebagai informasi para Siswa Mengenal Nusantara mengikuti kegiatan di Lantamal IV selama 2 (dua) hari. Kegiatan dihari pertama setelah upacara penyambutan dilanjutkan dengan kegiatan di kelas yaitu menerima materi tentang Tataran Bela Negara, Kebijakkan Pertahan Negara, Pengenalan Senjata, Pengenalan Kebaharian dan malamnya akan dilaksanakan kegiatan acara api unggun dan renungan suci.

Turut hadir pada penyambutan SMN General Manager Pelindo I Arif Indra Perdana, Para Pejabat Utama Lantamal IV, Para Kadis dan Kasatker Lantamal IV, GM. Air Nav Persero Batam, PT Telkom Zamkrindo, PT Pupuk Kaltim, Kadis Pendidikan Provinsi Kepri dan Kadispora Provinsi Kepri.

Editor: Gokli