Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MPR Lakukan Sejumlah Persiapan Jelang Sidang Tahunan
Oleh : Irawan
Kamis | 15-08-2019 | 15:52 WIB
senayan3.jpg Honda-Batam
Gedung DPR/MPR

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepala Biro Humas Setjen MPR RI Siti Fauziah mengatakan momen perhelatan besar kenegaraan Sidang Tahunan MPR RI 2019 akan digelar besok. Dalam sidang tahunan tersebut akan di paparkan laporan kinerja lembaga-lembaga negara yang di bacakan langsung oleh presiden.

"Agar perhelatan kenegaraan besar tersebut berjalan lancar, aman dan sukses serta memberi dampak positif untuk seluruh masyarakat, Sekretariat Jenderal MPR RI terus memaksimalkan berbagai persiapan-persiapan demi mendukung kelancaran Sidang Tahunan tersebut," ujarnya dalam keterangannya, Kamis (15/8/2019).

Dia mengungkapkan bahwa di internal Setjen MPR sendiri dengan lembaga-lembaga lain seperti DPR, DPD, Istana Kepresidenan, dan berbagai pihak keamanan lainnya, sinergitas serta koordinasi terus dikedepankan dan dijaga untuk kelancaran acar.

"Berbagai rapat koordinasi dan rapat gabungan sering kami lakukan dengan satu tujuan demi sukses dan lancarnya acara," katanya.

Biro Humas, kata Siti, sesuai fungsi dan kewenangannya bergerak cepat terutama seputar sistem dan teknis pendaftaran peliputan Sidang Tahunan agar masyarakat bisa mendapatkan informasi menarik secara langsung terkait sidang tahunan tersebut.

"Acara sebesar Sidang Tahunan tentu saja menarik dari sisi pemberitaan oleh berbagai media massa nasional bahkan internasional. Dari media, seluruh rakyat Indonesia dan masyarakat dunia bisa mengakses perjalanan Sidang. Untuk itulah kami berupaya keras sekuat tenaga mengakomodir kebutuhan akses para peliput," ujarnya.

Untuk itu, dia menuturkan, Setjen MPR membentuk sistem pendaftaran dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi yang modern menggunakan aplikasi secara online. Sistem tersebut, dikatakannya, akan menghemat penggunaan kertas sehingga menghemat waktu para awak media massa dalam soal pendaftaran, sebab bisa dilakukan selama 24 jam dan dimana saja.

"Begitu sistem jadi dan online, serta sinkronisasi data selesai, sejak tanggal 25 Juli 2019 pendaftaran resmi dibuka hingga tanggal 7 Agustus 2019. Selama proses pendaftaran dari hari ke hari selalu kami pantau, cek dan ricek, koordinasi dengan pihak media massa dan kementerian atau lembaga negara lainnya, memastikan tidak ada kendala apapun," ungkapnya.

"Dan, alhamdulillah, respon media massa sangat antusias, saat ini total 1.165 pendaftar dari media massa nasional dan luar negeri serta kementerian/lembaga sudah terverifikasi dan sudah tercetak ID card-nya dan akan dibagikan pada tanggal 15 Agustus 2019," tambahnya.

Dia juga menjelaskan di acara Sidang Tahunan nanti, ada sisi menarik yang akan dipersembahkan Humas Setjen MPR RI yakni Pameran Perpustakaan yang akan digelar di area lobi Gedung Nusantara V, Kompleks Gedung Parlemen.

Editor: Surya