PKP

Menko Darmin Harapkan MRO di Batam Penuhi Kebutuhan Penerbangan Skala Internasional
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 14-08-2019 | 18:53 WIB
menko-darmin3.jpg honda-batam
Menteri Koordinator Perekonomian RI, Darmin Nasution (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator Perekonomian RI, Darmin Nasution harapkan pembangunan fasilitas maintenance, repair and overhaul (MRO) di Bandara Hang Nadim, Batam dapat memenuhi kebutuhan dunia penerbangan skala Internasional.

Darmin menjelaskan, dipilihnya Batam sebagai lokasi MRO karena memiliki beberapa keunggulan.

"Kota ini (Batam) berdekatan dengan Singapura, lokasi Original Equipment Manufacturer (OEM) yang menempatkan stock spare part pesawat dan sebagai hubungan penerbangan internasional," kata Darmin saat peletakan batu pertama pembangunan fasilitas MRO di Batam, Rabu (14/8/2019). .

Selain itu, status Batam sebagai kawasan Free Trade Zone (FTZ) atau Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) dengan berbagai kemudahan bisnis dan insentif fiskal, serta tersedia lahan yang sudah disewa seluas 30 hektare.

Tidak berhenti di situ, lokasi geografis Batam yang tidak jauh dari negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan juga berpotensi besar menjadi target market jasa MRO pesawat.

"Dengan adanya MRO ini, kita berharap agar ini jangan cuma untuk memenuhi kebutuhan nasional saja, kita inginnya bersaing dengan negara lain dengan cara memenuhi keperluan penerbangan skala internasional," tegasnya.

Menurutnya, Indonesia diperkirakan akan masuk 10 besar pasar penerbangan dunia pada tahun 2020 mendatang, bahkan akan menjadi lima besar dunia pada 2034.

"Satu langkah yang diambil adalah dengan mengembangkan pusat perawatan pesawat atau fasilitas MRO (Maintenance, Repair, and Overhaul)," tutupnya.

Editor: Yudha