PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Posisi Tidur Paling Tepat Ketika Kamu Sedang Mengalami Menstruasi
Oleh : Redaksi
Senin | 12-08-2019 | 09:52 WIB
ilustrasi-menstruasi.jpg honda-batam
Ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketika waktu menstruasi tiba, seseorang bakal mengalami banyak kesulitan termasuk untuk tidur. Rasa tidak nyaman yang dialami seseorang menyebabkan dia sering terbangun malam hari atau sejumlah kesulitan lainnya.

Untuk bisa tidur nyaman ketika tengah menstruasi, terdapat satu posisi yang tepat dan bisa kamu coba. Posisi ini bisa membuatmu nyaman dan tak terganggu saat tidur pada malam hari.

Posisi yang dimaksud ini adalah posisi foetal atau tidur menyerupai janin. Pakar kesehatan wanita, Lisa Lindley menyebut bahwa dengan tidur pada posisi menyerupai janin, masalah tidur yang kamu alami bisa teratasi.

"Tidur dalam posisi foetal bisa menghilangkan tekanan pada otot perut, sebab hal ini membuat otot skeletal di sekitar perut menjadi relaks," terangnya.

"Dengan menurunnya tekanan pada otot perut, maka tekanan keseluruhan juga bakal menurun, rasa sakit menurun, serta yang terpenting adalah semakin sedikit kram yang dialami," sambungnya.

Posisi foetal ini bisa kamu lakukan dengan cara tidur miring. Selain itu, tekuk punggung dan majukan kepala dan angkat lutut mendekati perut.

Selain mampu menekan rasa sakit, terdapat manfaat lain yang bisa kamu dapat dengan tidur dalam posisi ini. Salah satunya adalah mencegah kebocoran yang mungking terjadi karena kaki berada pada posisi rapat.

Ketika menstruasi, terdapat posisi tidur lain yang tidak disarankan untuk dilakukan. Posisi ini adalah tidur telungkup karena bisa meningkatkan peluang terjadinya kebocoran.

Terdapat sejumlah cara lain yang dianggap bisa mengatasi masalah yang muncul saat menstruasi. Beberapa cara ini melingkupi mandi sebelum tidur, menggunakan pewangi aroma lavender, atau tidur dengan penghangat. Selain meradakan nyeri karena menstruasi, sejumlah cara tersebut juga bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak.

Sumber: merdeka.com
Editor: Chandra