Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Mengurangi Kolesterol Usai Makan Daging Saat Idul Adha
Oleh : Redaksi
Senin | 12-08-2019 | 08:52 WIB
pemotongan-hewan-kurban.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi pemotongan hewan kurban. (batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Saat merayakan Hari Raya Idul Adha, Minggu, 11 Agustus 2019, kita mungkin banyak makan daging, terutama sapi dan kambing. Padahal, mengonsumsi daging yang berlemak secara berlebihan berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah Anda.

Hal itu bisa memicu sederet penyakit, seperti penyakit jantung. Pola perubahan gaya hidup dapat menjadi pilihan yang lebih sehat bagi Anda selain penggunaan obat-obatan penurun kolesterol.

Hal pertama untuk mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh Anda, adalah dengan mengurangi asupan lemak jenuh yang biasanya terdapat di dalam daging merah dan produk susu penuh lemak setelah cukup mengonsumsi daging kurban.

Dilansir dari Mayo Clinic dan Antara, 11 Agustus 2019, langkah berikutnya adalah menghilangkan lemak trans dari daftar menu makanan Anda. Lemak trans terkadang tercantum pada label makanan sebagai "minyak sayur terhidrogenasi parsial".

Zat itu biasanya terdapat dalam margarin, biskuit, kerupuk, dan kue. Makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Salmon dan Mackerel

Anda perlu memperbanyak konsumsi makanan mengandung asam lemak omega 3. Ada beberapa pilihan makanan yang dianjurkan antara lain salmon, mackerel dan walnut.

Jangan lupa, tingkatkan asupan serat larut untuk mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Serat larut biasanya terdapat dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, apel, dan pir.

Selain soal makanan, Anda juga memperbanyak berolahraga setelah Idul Adha. Aktivitas fisik moderat dapat membantu meningkatkan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

Minimal, lakukan latihan fisik selama 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu. Pilihan lainnya, Anda dapat beraktivitas aerobik selama 20 menit tiga kali seminggu.

Penambahan olahraga dengan interval pendek beberapa kali sehari dapat membantu Anda mulai menurunkan berat badan. Beberapa latihan yang bisa menjadi pilihan Anda antara lain, berjalan cepat, bersepeda, atau bermain olah raga favorit Anda.

Sumber: liputan6.com
Editor: Chandra