PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agar Tidak Sia-sia, Manfaatkan Ponsel Lama Anda untuk 5 Hal Ini
Oleh : Redaksi
Sabtu | 10-08-2019 | 18:16 WIB
ponsel-lama1.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Model ponsel yang terus berganti setiap bulan membuat orang-orang tertarik membeli gawai dengan teknologi terbaru.

Menjual ponsel lama biasanya menjadi pilihan utama, namun ada kalanya pengguna enggan melakukannya karena alasan tertentu, misalnya gawai itu merupakan hadiah dari orang terkasih.

Hanya saja benda elektronik jika tidak dipakai dalam jangka waktu lama akan mengalami kerusakan. Agar tidak tergeletak sia-sia, gunakan ponsel lama yang masih bagus untuk hal-hal ini, seperti dikutip dari laman Cnet.

1. Pemutar musik dan video
Manfaatkan ponsel lama yang masih berfungsi dengan baik sebagai pemutar musik. Hilangkan semua aplikasi yang tidak terpakai dan pengguna bisa memasukkan banyak lagu atau aplikasi musik.

Pengguna juga bisa menggunakan ponsel lamanya untuk menonton video. Nikmati mendengarkan musik atau menonton tanpa terganggu panggilan telepon atau pesan yang masuk.

2. Mouse nirkabel
Jika merasa kurang nyaman dengan tetikus mouse touchpad di laptop, gunakan ponsel lama sebagai mouse nirkabel (wireless mouse). Pengguna harus mengunduh aplikasi tambahan misalnya Remote Mouse.

Pengguna perlu menyambungkan ponsel dan laptop ke jaringan Internet yang sama untuk menggunakan mouse nirkabel ini.

3. Kamera pengawas bayi
Ponsel bisa menjadi alternatif kamera pemantau di rumah untuk melihat aktivitas bayi selama orang tua bekerja atau berada di ruangan lain.

Pasang Skype di kedua ponsel, atau gunakan aplikasi untuk mengawasi bayi seperti Dormi dan Cloud Baby Monitor.

4. Kamera pengawas rumah
Tidak hanya untuk bayi, ponsel lama juga bisa disulap menjadi kamera pengawas rumah selama pemiliknya bekerja.

Pengguna harus mengunduh aplikasi keamanan, misalnya Alfred, lalu letakkan ponsel di tempat dengan jangkauan pandangan terbaik.

5. Remote control
Beberapa ponsel mendukung aplikasi remote control untuk berbagai perlengkapan rumah, mulai dari televisi hingga pendingin ruangan.

Sumber: ANTARA
Editor: Yudha