Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tunggu Mufakat Warga

DLH Wacanakan Pemindahan TPS Marina ke Sei Temiang
Oleh : Hendra Mahyudi
Sabtu | 10-08-2019 | 16:16 WIB
sampah-tanjungriau1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

DLH Kota Batam pasang pembatas larangan buang sampah sembarangan di Tanjungriau. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Permasalahan sampah di Tanjungriau, Sekupang memang tak ada habisnya. Mulai dari warga yang sering buang sampah sembarangan hingga tempat pembuangan sampah sementara yang lokasinya terlalu dekat ke badan jalan raya.

Banyaknya tumpukan sampah ini terkadang membuat petugas kebersihan mau tak mau kerja keras sedari pagi hingga siang hari untuk membersihkan lokasi tersebut agar sampah tidak terus menumpuk hingga ke bahu jalan.

Bahkan beberapa hari ini, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam telah menggeser bin tempat pembuangan sementara ini sedikit ke belakang dari tempat sebelumnya, agar sampah tak membludak ke jalan raya.

Faisal Novrieco Napitupulu, Kabid Pengelolaan Sampah DLH kota Batam mengatakan, pihaknya langsung memasang garis pembatas atau larangan agar jangan membuang sampah sembarangan di area biasa. Hal ini agar sampah tidak terlalu menjorok ke area jalan.

"Kita bukan melarang untuk buang di sana. Akan tetapi (bin sampah) agak digeser ke belakangnya agar (sampah) tak mencolok ke jalan raya. Kemudian kita pasang garis larangan di sana (bagian depan dekat jalan raya)," jelasnya, Sabtu (10/8/2019).

Disampaikannya juga, demi mencari solusi akan hal ini, TPS yang berada di kawasan Marina ini akan dipindah ke area pemakaman Sei Temiang. Namun untuk hal ini harus menunggu kesepakatan warga dengan pihak kelurahan atau kecamatan agar ada kesepakatan. Sebab jarak ke Temiang lumayan jauh dari pada ke Marina.

Menanggapi hal ini, Agus Sofyan, Lurah Tanjung Riau, Sekupang membenarkan akan adanya pemindahan TPS ke dekat kuburan Sei Temiang. Bahkan, ia sebutkan lahannya telah ada setelah dikonfirmasi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Inikan juga untuk menghindari pemandangan agar tak nampak lagi dari ruang lingkup warga sekitar, kemudian supaya area sekitar jalan terlihat lebih bersih juga," jelasnya.

Hanya saja ia mencemaskan, jika tidak ditanggulangi dengan cepat takutnya warga akan kembali main buang (sampah) sembarangan di pinggir jalan, setelah melihat ada garis larangan membuang sampah di TPS yang sekarang ada di Marina. Agus juga menyatakan turut mendukung rencana lokasi TPS Marina dibersihkan, terutama karena akan dijadikan lahan penghijauan.

"Memang bagus, lokasi akan dijadikan penghijauan dan hal itu kita dukung kok," pungkasnya.

Editor: Yudha