Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasien DBD di RSUD Tanjunguban Meningkat, Masyarakat Diminta Jaga Lingkungan
Oleh : Harjo
Jumat | 09-08-2019 | 17:38 WIB
pasien-dbd1.jpg Honda-Batam
Salah seorang pasien DBD yang dirawat di RSUD Engku Haji Daud Tanjunguban. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Jumlah pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dirawat di RSUD Engku Haji Daud Tanjunguban, mengalami peningkatan. Masyarakat diminta untuk waspada dan menjaga lingkungan.

Kepala unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Engku Haji Daud Tanujnguban, Iranti menyampaikan jumlah pasien DBD yang dirawat di RSUD Engku Haji Daud periode Juli 2019, sebanyak 21 orang. Pasien anak-anak 13 orang dan 18 orang pasien dewasa.

Hal tersebut ada peningkatan signifikan bila dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu 8 pasien anak-anak dan 1 pasien dewasa.

"Untuk bulan agustus, sejauh ini ada pasien DBD namun beluk direkap," ungkap Iranti.

Untuk itu, pihak RSUD Engku Haji Daud mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dengan membersihkan tempat makan dan minum yang sudah digunakan tidak dibiarkan begitu saja.

Selain itu, merapikan tempat atau ruangan secara rutin karena nyamuk menyukai tempat lembab. Memelihara kebersihan diri dengan tidak menyimpan fan menggantung pakaian bekas pakai karena dapat menjadi tempat bersembunyi nyamuk. Serta memeriksa wadah dan tempat penampungan air secara berkala seperti ember penampungan air hujan, vas bunga, dispenser.

"Hidup sehat itu gampang dan mudah, kalau sudah sakit baru terasa mahal. Mari kita mulai hidup sehat mulai dari diri sendiri," imbuhnya.

Editor: Yudha