Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Jemaja Tagih Janji Menteri Susi Terkait Peningkatan Akses Telekomunikasi
Oleh : Alfredy Silalahi
Jumat | 09-08-2019 | 16:53 WIB
jgn-rusak-terumbu-karang1.jpg Honda-Batam
Menteri Susi Pudjiastuti saat berada di Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Perbaikan akses telekomunikasi di Pulau Jemaja sesuai janji Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti tiga minggu yang lalu belum terealisasi.

Salah satu warga Pulau Jemaja, Mudahir mengakui belum ada perkembangan akses telekomunikasi seperti yang dijanjikan Susi Pudjiastuti tiga minggu lalu.

"Akses telekomunikasi masih sama saja seperti dulu, lambat tak karuan. Padahal hari ini tepat tiga minggu janji Bu Susi, terkait peningkatan akses telekomunikasi," ujarnya, Jumat (9/8/2019).

Mudahir berharap, operator benar-benar memberikan pelayanan kepada masyarakat di perbatasan, tanpa harus melihat sisi bisnis.

"Bu Susi juga meminta seperti. Karena kalau mengutamakan segi bisnis, sampai kapan pun Jemaja tidak akan merdeka sinyal. Maka Bu Susi menegaskan operator jangan mengutamakan provit oriented, tetapi mengutamakan pelayanan di daerah perbatasan dan daerah terdepan. Kami harap hal itu benar-benar terealisasi," terangnya.

Warga lainnya, Indra Gunawan yang dikonfirmasi juga menyampaikan hal yang senada. Menurutnya, tetap ada peningkatan dari 3G menjadi 4G, tetapi kualitasnya belum mendukung.

"Sampai saat ini memang kualitas jaringan sudah 4G, tetapi kecepatannya masih sama dengan dulu. Ibaratnya ini hanya berganti kulit dari 3G menjadi 4G, tetapi kecepatan tidak berubah," jelasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Kepulauan Anambas, Japrizal mengakui kalau hari ini tepat tiga minggu janji Susi Pudjiastuti terkait peningkatan akses telekomunikasi di Pulau Jemaja.

"Iya benar hari ini tepat tiga minggu janji Bu Susi. Tetapi dari Kementerian Kominfo sudah ada respon yaitu akan ada penambahan akses internet berupa wifi melalui program BAKTI. Tetapi dari operator belum ada respon," ujarnya seraya mengatakan kualitas 4G di Pulau Jemaja merupakan komitmen dari provider.

Japrizal menambahkan kalau pihaknya sudah berkoordinasi dengan operator telkomsel yang melayani akses telekomunikasi di Pulau Jemaja. Namun belum ada perintah dari pusat terkait peningkatan akses telekomunikasi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan operator telkomsel, tetapi belum ada perintah dari pusat. Dan ini sudah kami laporkan ke Gubernur Provinsi Kepri, agar kami sama-sama menindaklanjuti ini ke pusat terkait menagih janji Bu Susi," jelasnya.

Editor: Yudha