Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan Karung Limbah Plastik Dibuang di Lahan Kosong di Batuaji
Oleh : Hendra Mahyudi
Kamis | 08-08-2019 | 14:28 WIB
plastik-limbah-batuaji.jpg Honda-Batam
Limbah plastik yang dibuang di lahan kosong di Batuaji Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan karung limbah plastik dibuang begitu saja di lahan kosong di kawasan pinggir jalan menuju Pelabuhan Sagulung, Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, Batam.

Limbah plastik ini menumpuk dekat permukiman warga Kampung Tua Sei. Binti. Saat wartawan ke lomaki sampah-sampah tersebut sebagian telah dibakar. Sayang, pekerja yang bertugas membakarnya telah tidak ada di lokasi.

Limbah sampah plastik tersebut dibungkus dengan karung dan sebagian sudah berserakan karena proses pembakaran. Warga sekitar merasa resah sebab limbah plastik bekas yang berserakan itu perlahan-lahan meluas ke permukiman warga.

Sementara itu, informasi yang didapat di lapangan, plastik-platik ini didatangkan oleh salah satu perusahaan pengolahan limbah di dekat kawasan Lokalisasi Sintai, Tanjunguncang. Perusahaan ini masih misterius karena menurut warga belum memiliki plang nama.

"Ini semacam tempat sortir gitu. Tidak semua (plastik impor) dibawa ke perusahan untuk diolah. Makanya di-tumpuk di sini (di lahan kosong) dulu untuk dipilah," ujar Andi, warga Sebinti, Rabu (7/8/2019).

"Ini telah lama. Kemarin-kemarin banyak yang berserakan tapi setelah ada komplain mereka mulai bakar sebagian. Sudah berkurang ini karena sebagian sudah dibakar. Ini sangat mengganggu karena asap pembakaran sampai ke permukiman," tambah Andi.

Masyarakat berharap instansi pemerintah terkait segara mengambil tindakan agar tumpukan dan pembakaran limbah plastik ini tidak berdampak lebih besar bagi lingkungan sekitar.

"Banyak yang disoroti masalah limbah plastik ini, tapi yang di sini seperti terlewatkan. Semoga ini segera ditangani juga karena sangat banyak plastik berserahkan di sini," terang Fajrin, warga lainnya.

Sejauh ini BATAMTODAY.COM masih menelusuri siapa dibalik pembakaran limbah sampah plastik ini, pun dari Dinas Lingkungan Hidup masih belum bisa dikonfirmasi.

Editor: Dardani