Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabar Hoax Seorang Wanita Gantung Diri di Bintan Bikin Geger Warganet
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 05-08-2019 | 20:04 WIB
kabar-hoax-bintan1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Postingan kabar hoax di grup facebook "Info Tanjungpinang". (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Warganet dibikin geger dengan postingan akun facebook Edo Natuna tentang temuan orang gantung diri di grup facebook Info Tanjungpinang, Senin (5/8/2019).

Postingan tersebut bertuliskan "ada orang bunuh diri" lengkap dengan gambar sosok wanita dengan posisi tergantung.

Hal itu tentu membuat warganet terkaget-kaget. Dalam sekejap puluhan komenter sudah memenuhi postingan tersebut, rasa penasaran terhadap info yang masih simpang siur.

Diperparah lagi, dalam komentar salah satu akun milik Fahries Avanza menjawab rasa penasaran warganet. "Lokasinya di Jalan Tirtamadu, arah Gesek Jurusan Kijang batu 18," tulisnya di kolom komentar.

Kebetulan, salah sorang pemilik akun 'Ika Ika' yang tinggal di lokasi tersebut tidak mengetahui adanya peristiwa tragis itu. "Kok saya orang sini gak dengar gosip ya," tulis akun Ika Ika.

Tidak hanya Ika, awak BATAMTODAY.COM pun langsung turun ke lapangan, untuk mencari tahu kebenaran postingan yang sudah membuat panik warganet, khususnya masyarakat kabupaten Bintan. Setelah lelah berkeliling, tidak ada ditemukan kebenaran kabar tersebut.

Anggota Polsek Gunung Kijang dan Polsek Bintan Timur yang dikonfirmasi juga belum mendapat informasi tetang warga yang gantung diri.

Hal yang sama disampaikan Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, belum mendapat informasi tersebut.
"Belum ada info yang masuk," kata Boy.

Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat agar bijaksana dalam bermedia sosial. Jangan sampai membuat hal-hal yang kontra produktif.

"Jangan buat keresahan di tengah masyarakayat. Jangan buat ujaran kebencian, itu bisa kena UU ITE," imbuh Boy.

Editor: Yudha