Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aston Tanjungpinang Gandeng Mahasiswa Bersih-bersih Pantai di Desa Teluk Bakau
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 05-08-2019 | 11:28 WIB
bersih-pantai-bakau.jpg Honda-Batam
Bersih-bersih pantai di Desa Teluk Bakau, Tanjungpinang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Hotel Aston Tanjungpinang bersama mahasiswa dan Dive In Bintan melaksanakan aksi bersih-bersih pantai di Kampung Keluarga Berencana (KB), Desa Teluk Bakau, RT02/RW01, Bintan, Minggu (4/8/2019).

Hotel Aston memfokuskan pembersihan sampah plastik di pinggiran pantai yang sering didatangi oleh para wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Sales Marketing Manager Aston, Alex Fatrisman mengatakan, kegiatan ini sebenarnya tidak hanya baru kali ini saja, dilaksanakan tetapi sebelumnya telah dilaksanakan, dengan organisasi World Clean Up Day. Untuk itu kedepan ya kegiatan ini akan berlanjut, karena saat ini Aston mengkampanyekan program Go Green.

"Di antaranya kami mengajak supaya menggunakan botol minuman, gelas di kamar hotel dan kurangi penggunaan kantong plastik," katanya.

Alex menyebutkan, pemilihan lokasi ini sebagai tempat kegiatan versi pantai, alasannya supaya dapat dekat dengan base camp Dive In Bintan, dengan begitu dapat lebih mudah menuju lokasi.

Di tempat yang sama, Direktur Dive In Bintan, Monika mengatakan bahwa dilokasi ini belum ada memiliki bak pembuangan sampah yang layak. Kegiatan bersih pantai bisa memilih sampah plastik.

"Sampah organik bisa jadi pupuk kompos, untuk tanaman di tepi pantai, sehingga tidak perlu dibuang," katanya.

Selain itu, Ketua RT02/RW01, Kurnia mengatakan, acara bersih pantai sebelumnya sudah sering diadakan oleh organisasi dan mahasiswa, bahkan mahasiswa dari Singapura. "Warga sini juga sering mengadakan bersih pantai seperti ini," ujarnya.

Kurnia mengatakan, alasan tempat itu dijadikan lokasi bersih pantai karena merupakan pintu masuk menuju tempat wisata laut, home stay, dan tempat yang sering dikunjungi wisman sehingga perlu dijaga kebersihannya.

"Jangan sampai menjadi kritikan oleh wisatawan yang datang karena pantainya yang tidak terawat dan terdapat banyak sampah," jelasnya.

Editor: Gokli